Pertamina Menambah 5 Titik BBM Satu Harga di Sulawesi

Kamis, 16 Desember 2021 | 20:41 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Pertamina Menambah 5 Titik BBM Satu Harga di Sulawesi

ILUSTRASI. Gerai BBM Satu Harga Pertamina di Lampung Barat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dan memiliki tantangan distribusi energi tersulit di dunia. Bahkan, masih ada beberapa lokasi di pelosok Indonesia yang hingga saat ini belum merasakan mudahnya mendapatkan akses energi. Untuk itu, salah satunya agar energi dekat dengan masyarakat, pemerintah mencanangkan program BBM Satu Harga.

Pada program BBM Satu Harga ini, Pertamina diberikan mandat untuk menjamin ketersediaan energi terutama ketersediaan BBM di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal (3T).

Sebelumnya, wilayah 3T ini merupakan wilayah yang belum terjamah akses energi sama sekali seperti di wilayah lainnya dikarenakan lokasi dengan akses yang sulit.

Di Indonesia, program BBM Satu Harga ini pun dijalankan di wilayah Sulawesi. Sulawesi memiliki karakteristik geografis kepulauan dan beberapa pegunungan sehingga terdapat beberapa daerah yang terisolir dikarenakan akses untuk menuju tempat lainnya terhalang karena medan yang dilalui cukup ekstrem ataupun terpisah cukup jauh dari daratan.

Baca Juga: Pertamina tuntaskan target penugasan BBM satu harga di 76 titik, ini perinciannya

Hal ini tak menyurutkan langkah Pertamina untuk menghadirkan energi di daerah tersebut dengan harga sama seperti yang dinikmati masyarakat di perkotaan.

Pada Selasa (14/12), secara serentak Pertamina dan BPH Migas meresmikan 5 titik BBM Satu Harga di Sulawesi. Acara peresmian dilakukan di 2 lokasi berbeda yaitu peresmian 4 titik BBM Satu Harga di Integrated Terminal Bitung, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara dan peresmian 1 titik BBM Satu Harga di SPBU 76.96221 Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan peresmian 4 SPBU BBM Satu Harga di Integrated Terminal Bitung, turut meresmikan Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman, VP Goverment Assignment PT Pertamina (Persero), Edi Ariawan, Asisten II Setda Provinsi Sulut, Praseno Hadi, Wakil Bupati Sitaro, John Palandung dan Kepala Bappeda dan Litbang Banggai Kepulauan, Muhammad Ari Susanto.

Sementara itu, pada acara peresmian SPBU 76.96221 BBM Satu Harga Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara turut hadir meresmikan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Komite BPH Migas, Wahyudi Anas dan Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Agus Dwi Jatmoko.

Salah satu SPBU yang diresmikan yang berada di Provinsi Sulawesi Utara yaitu SPBU 76.95813 Kecamatan Siau Timur Selatan, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Provinsi Sulawesi Utara. Sebagaimana kita ketahui, distribusi BBM ke Kepulauan di Sulawesi Utara memiliki tantangan yang cukup berat dengan tantangan distribusi tersendiri.

Editor: Yudho Winarto
Terbaru