Peternak Milenial Tulungagung Bergeliat Membangun Kluster Komoditas

Sabtu, 23 September 2023 | 08:40 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Peternak Milenial Tulungagung Bergeliat Membangun Kluster Komoditas

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana didampingi Project Manager PPIU Jatim, Acep Hariri bersama Tim YESS pada kunjungan lapangan dan brainstorming di OK Farm milik Oni Kurniawan di Kabupaten?Tulungagung.


PETERNAKAN -  JAKARTA. Petani dan peternak muda di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, berupaya keras melanjutkan amanah menjaga ketahanan pangan negeri dari ancaman kekurangan pangan, baik akibat anomali iklim maupun pertambahan populasi.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Sevices (YESS) yang diimplementasikan Provincial Project Implementation Unit (PPIU) pada sejumlah provinsi di antaranya PPIU Jawa Timur melaksanakan Program YESS.

Guna mewujudkan hal itu, Udrayana bersama Project Manager PPIU YESS Jatim, Acep Hariri dengan timnya melakukan kunjungan lapangan dan brainstorming dengan peternak milenial yang tergabung dalam ekosistem komoditas ternak kambing dan domba di Kabupaten Tulungagung, Jumat (22/9).

Baca Juga: Penyebab Harga Pakan Tinggi Adalah Stok Jagung yang Menipis

Bertempat di OK Farm milik Oni Kurniawan, Udrayana bersama manajemen YESS mengadakan brainstorming dengan penyuluh, mobilizer, fasilitator dan peternak tentang langkah-langkah konkret pelaksanaan program dan kegiatan korporasi petani milenial, yang telah disahkan notaris pada Juni 2023 dengan nama Agritama YESS Tulungagung.

"Berdasar informasi dan peluang pasar di Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya masih sangat terbuka untuk menampung hasil produksi, khususnya domba dan kambing baik keadaan hidup maupun bentuk daging," kata Udrayana yang akrab disapa Uud dalam siaran pers, Jumat.

Oleh karenanya, kata Uud, pengelola klaster dan korporasi harus update data base sekaligus mengelola informasi yang diperoleh bagi kepentingan anggota, demikian pula dengan peternak milenial Penerima Manfaat Program YESS.

Baca Juga: Kementan Dorong Pembentukan 320.000 Petani Muda Melalui Program YESS hingga 2025

"Mereka dapat lebih yakin bahwa usaha mereka mulai berkembang setelah mengikuti program, akan memberi harapan jika korporasi yang sedang dibangun dapat dijalankan dengan baik," kata Uud.

Koordinator Klaster Kambing Domba, Vicky mengapresiasi dukungan Program YESS oleh PPIU Jatim, dengan komitmen akan fokus pada pengembangan on farm. "Input dan pasar telah disiapkan dan diatur oleh korporasi."

Manager YESS PPIU Jatim, Acep Hariri menegaskan bahwa data base kebutuhan pasar dan ketersediaan produk yang disiapkan peternak milenial menjadi hal yang sangat penting diperhatikan.

Baca Juga: Makan Korban Di India, Virus Nipah Ternyata Dari Malaysia, Kenali Tanda-Tanda Infeksi

"Kesiapan data, suply and demand, peternak dapat melakukan pengembangan usaha melalui penerapan berbagai teknologi mulai manejemen pemeliharaan, manajemen pakan bahkan manajemen reproduksi," katanya.

Acep Hariri menambahkan, perkembangan kluster usaha domba dan kambing akan diikuti komoditas lain misalnya cabe pada klaster hortikultura.

"Membangun kepercayaan dan komitmen untuk kolaborasi, menjadi kebutuhan bagi peningkatan produktivitas usaha, tentu akan berujung pada peningkatan pendapatan serta kesejahteraan petani peternak muda," katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru