Pilkada, pemilih disabilitas disiapkan kursi roda

Senin, 17 April 2017 | 16:54 WIB Sumber: Kompas.com
Pilkada, pemilih disabilitas disiapkan kursi roda


JAKARTA. Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi para penyandang disabilitas di sejumlah panti sosial saat menyalurkan hak politiknya pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Selama pilkada berlangsung, Dinas Sosial DKI akan menyediakan kursi roda, kendaraan, hingga petugas pendamping bagi pemilih dengan disabilitas.

Masrokhan mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa meski mereka disabilitas dan tinggal di panti, namun tetap mendapatkan hak pilihnya. Walaupun didampingi, Masrokhan memastikan petugasnya akan netral dan tidak mengarahkan untuk mendukung salah satu paslon.

"Pegawai atau petugas kami juga memberikan keleluasaan penyandang disabilitas untuk memilih sesuai dengan pilihannya. Tidak ada petugas yang mengarahkan ke calon tertentu," ujar Masrokhan melalui keterangan resmi, Senin (17/4).

Data dari Dinas Sosial DKI, ada penyandang disabilitas tubuh, disabilitas netra dan rungu wicara, hingga disabilitas ganda yang akan mengikuti pilkada DKI putaran kedua.

Sejumlah 40 orang penyandang disabilitas tubuh yang tinggal di Panti Sosial Bina Daksa Budi Bakti akan mengikuti pilkada. Kemudian, 39 orang penyandang disabilitas netra dan rungu wicara yang tinggal di Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Bathin, dan 70 orang penyandang disabilitas ganda yang berada di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, akan ikut pilkada putaran kedua ini.

"Kami juga menyampaikan kepada petugas agar tetap memberikan pelayanan di setiap panti-panti meskipun sedang plkada," kata Masrokhan.

(David Oliver Purba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru