CLOSE [X]

Presiden Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Waktu Tempuh Hanya 28 Menit

Rabu, 13 September 2023 | 11:28 WIB Sumber: Kompas.com
Presiden Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Waktu Tempuh Hanya 28 Menit

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah influencer duduk di dalam kereta cepat rute Jakarta-Bandung, Rabu (13/9/2023).


KERETA CEPAT - JAKARTA. Presiden Joko Widodo telah sampai di Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Jawa Barat usai menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur pada Rabu (13/9). 

Kereta cepat yang membawa Presiden sampai di Stasiun Padalarang pada pukul 09.25 WIB.  

Sebelumnya, Presiden berangkat dari Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur sekitar pukul 08.59 WIB. 

Sehingga jarak waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan kereta cepat kali ini memakan waktu sekitar 28 menit. 

Baca Juga: Hari Ini Jokowi Bakal Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pantauan Kompas.com dari layar digital penunjuk kecepatan laju kereta cepat, kecepatan kereta selama perjalanan berada pada kisaran 340 kilometer per jam hingga 351 kilometer per jam. 
Adapun dalam perjalanan pada Rabu, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju ikut mendampingi Presiden. 
Mereka antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. 

Selain itu, ada pula para artis dan influencer, antara lain Vino G Bastian, Marsha Timothy, Nirina Zubir, Yuni Shara, Cak Lontong, Armand Maulana, hingga Raffi Ahmad. 

Adapun, Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah layanan kereta api cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kereta cepat akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 kilometer (km) per jam. 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. 

Secara keseluruhan, Kereta Cepat mempunyai jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan, dengan empat stasiun penghentian yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. 

Dilansir dari laman resmi Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), kereta cepat akan menempuh jarak Jakarta-Bandung dalam waktu 36 hingga 44 menit, dengan jarak antara Jakarta menuju Karawang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 15 menit. 

Baca Juga: Kemenhub Pertimbangkan Tambah Rangkaian Kereta LRT Jabodebek

Kereta cepat akan memiliki tiga kelas, berkapasitas mencapai 601 penmpang dan ruang khusus untuk difabel. Kereta ini juga akan dilengkapi dengan gerbong restorasi atau dining car yang bisa dinikmati para penumpang. 
Guna mempermudah mobilitas masyarakat, KA cepat relasi Jakarta-Bandung akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit (BRT), shuttle, dan taksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Waktu Tempuh Hanya 28 Menit"

Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Sabrina Asril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru