Profil dan Kekayaan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Profil dan Kekayaan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti

ILUSTRASI. Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu


PROFIL - Hevearita G Rahayu atau Mbak Ita resmi dilantik sebagai Wali Kota Semarang dengan sisa masa jabatan 2021-2026. Mbak Ita menggantikan Hendrar Prihadi yang kini menjabat Kepala LKPP RI.

Mbak Ita resmi menjadi Wali Kota Semarang setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Grhadhika Bhakti Praja, Senin (30/1/2023). 

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Mbak Ita adalah Wali Kota perempuan pertama dalam sejarah Pemerintahan Kota Semarang. 

Saat ini, mbak Ita termasuk dalam sembilan kepala daerah perempuan di Jawa Tengah, terbanyak se-Indonesia. Lantas, seperti apa profil mbak Ita sebagai Wali Kota Semarang dan berapa harta kekayaannya? 

Baca Juga: Jadi Kepala LKPP, Hendrar Prihadi Diminta Tingkatkan Produk UMKM Masuk E-katalog

Profil Wali Kota Semarang, mbak Ita

Ita adalah kader partai PDI Perjuangan. Bersama dengan Hendar Prihadi, keduanya berhasil memenangi Pilkada Kota Semarang periode 2021-2026. 

Sebelumnya, Hendra dan Ita adalah incumben Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang sejak tahun 2016. Selama menjadi Plt Wali Kota Semarang, Ita aktif berkunjung ke berbagai tempat di Semarang. 

Wali Kota Semarang yang baru ini adalah penggagas materi urban farming atau pertanian di perkotaan untuk masuk ke dalam kurikulum tingkat TK, SD, hingga SMP. 

Baca Juga: Jadi Kepala LKPP, Hendrar Prihadi Diminta Tingkatkan Produk UMKM Masuk E-katalog

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Semarang, Ita adalah lulusan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta dan lulus pada 1989.

Sementara, dikutip dari Kompas.com (30/1/2023), Ita melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip). 

Sebelum terjun di dunia politik, Ita pernah bekerja di Bank Universal selama lebih dari 10 tahun hingga 2002 dan pindah ke Bank Permata hingga 2023. Ita juga tercatat pernah menempati jabatan Direktur Utama PT Adita Farasjaya pada 2003-2005 dan Direktur Utama PT Sarana Patra Hulu Cepu pada 2006-2015.

Baca Juga: Karya Blandongan Kota Terpilih Jadi Terbaik Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga

Harta kekayaan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti 

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Hevearita Gunaryanti Rahayu terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 15 Maret 2022 untuk periodik 2021. 

Dalam laporan tersebut disampaikan bahwa harta kekayaan Wali Kota Semarang Ita mencapai Rp 2,56 miliar. Mayoritas harta kekayaannya berupa tanah dan bangunan senilai Rp 4,28 miliar.

Ita tercatat tidak memiliki satu mobil pun. Namun, memiliki alat transportasi berupa dua unit motor yakni Honda (2008) dan motor Honda manual (1996) dengan total aset senilai Rp 5,5 juta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Melantik Hendrar Prihadi Sebagai Kepala LKPP

Selain itu, Ita memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 439,26 juta. Ita juga masih memiliki harta kekayaan berupa kas dan setara kas sebesar Rp 805,14 juta.

Di sisi lain Wali Kota Semarang Ita juga tercatat memiliki hutang senilai Rp 2,97 miliar. Oleh karena itu Plt. Wali Kota Semarang ini tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp 2.563.314.315 (Rp 2,56 miliar).

Demikian profil Wali Kota Semarang Ita dan total harta kekayaan Wali Kota Semarang Ita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru