Proyek ADHI dan KKP Dinobatkan Jadi Kawasan Tambak Udang Modern Pertama di Indonesia

Sabtu, 11 Maret 2023 | 14:59 WIB   Reporter: Nurtiandriyani Simamora
Proyek ADHI dan KKP Dinobatkan Jadi Kawasan Tambak Udang Modern Pertama di Indonesia

ILUSTRASI. Proyek ADHI dan KKP Dinobatkan Sebagai Kawasan Tambak Udang Modern Pertama dan Terbesar di Indonesia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proyek PT Adhi Karya (Persero) Tbk atas Pembangunan Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah secara resmi dinobatkan Presiden Jokowi sebagai kawasan tambak udang modern pertama dan terbesar di Indonesia sekaligus sebagai percontohan nasional kawasan budidaya modern dan berkelanjutan.

Proyek Kawasan Budidaya Udang yang dikerjakan ADHI di bawah naungan Direktorat Jendral Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dibangun sejalan dengan kemampuan produksi udang di laut selatan Jawa tersebut.

Melihat hal tersebut, KKP bersama ADHI melakukan pembangunan kawasan BUBK untuk meningkatkan produktivitas para Nelayan Kebumen melalui tangkapan udang. BUBK ini dibangun di atas lahan seluas 60 hektar yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kebumen.

Baca Juga: Resmikan Tambak Budidaya Udang di Kebumen, Presiden Minta Daerah Lain Mereplikasi

Dari luasan tersebut, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono mengatakan rencananya produksi ini mampu mencapai 40 ton udang per hektar dengan hasil yang cukup signifikan untuk perekonomian dunia.

“Kawasan ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan dipastikan produksi udang yang akan kita budidayakan mampu mencapai 40 ton per hektar. Model seperti ini, saya harap nanti terus berkembang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga kita bisa berkontribusi signifikan terhadap potensi udang dunia”, ujarnya dalam keterangan resmi (9/11).

ADHI berhasil mengerjakan pembangunan infrastruktur Kawasan BUBK Terbesar di Indonesia dengan waktu kurang satu tahun proses pengerjaan. Pekerjaan ini dimulai pada April 2022 dan telah selesai pada Desember 2022.

Lingkup pekerjaan ADHI, meliputi area tambak, seperti intake laut, tandon utama, tambak pemeliharaan dan sumur resapan; area perkantoran, seperti laboratorium, workshop, kantor utama, mess operator serta gudang. Selain itu, ADHI juga melakukan penataan kawasan, lanskap dan taman di sekitar tambak sehingga dapat berperan sebagai objek wisata baru untuk daerah Kabupaten Kebumen.

Baca Juga: KKP Siapkan Pengembangan Budidaya Udang Berbasis Kawasan

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi Mukhson menyatakan, pembangunan infrastruktur kawasan tambak udang merupakan proyek pertama bagi BUMN Konstruksi. Hal ini tentunya menambah potensi ADHI dalam pengembangan kompetensi konstruksi yang dimiliki. Hal ini sejalan dengan bisnis konstruksi lingkungan yang kini tengah digeluti ADHI.

“ADHI berkomitmen untuk menghasilkan karya konstruksi yang mampu memberikan manfaat baik kepada masyarakat, maupun lingkungan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru