PTM di Jakarta Digelar Setiap Hari Mulai Besok, Kapasitas Kelas 100%

Minggu, 02 Januari 2022 | 14:54 WIB Sumber: Kompas.com
PTM di Jakarta Digelar Setiap Hari Mulai Besok, Kapasitas Kelas 100%

ILUSTRASI. Pemprov DKI Jakarta akan menggelar pembelajaran tatap muka setiap hari dengan jumlah siswa 100% dari kapasitas.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) setiap hari dengan jumlah siswa setiap kelas mencapai 100% dari kapasitas. Kebijakan tersebut diambil berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tertanggal 21 Desember Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

"PTM terbatas dilaksanakan setiap hari. Jumlah peserta didik dapat 100% dari kapasitas ruang kelas dengan lama belajar paling banyak enam jam pelajaran per hari," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam keterangan tertulis, Minggu (2/1).

"Protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama bagi seluruh warga sekolah," imbuhnya.

Nahdiana mengatakan, belajar tatap muka dengan ketentuan terbaru boleh dilaksanakan dengan sejumlah ketentuan. Pertama, capaian vaksinasi Covid-19 dosis 2 kepada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80%. Kedua, capaian vaksinasi Covid-19 dosis 2 kepada masyarakat lansia di atas 50%.

Baca Juga: Aturan Soal PTM Terbaru yang Berlaku Januari 2021, Kapasitas Bisa 100%

Meski diberikan izin untuk belajar tatap muka 100%, Nahdiana mengatakan, anak-anak yang masih belum diizinkan orangtua belajar di sekolah bisa tetap mendapatkan pelajaran dari rumah. "Bagi peserta didik yang belum dapat mengikuti PTM terbatas di sekolah lantaran pertimbangan orangtua, dapat memberikan keterangan kepada pihak sekolah dan akan tetap memperoleh layanan pembelajaran secara daring, serta tetap mendapat hak penilaian," ucap dia.

Namun, dia berharap orangtua dan masyarakat umum bisa memberikan dukungan agar pelayanan belajar tatap muka berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Pun Untuk mencegah adanya kasus Covid-19 saat belajar tatap muka, Nahdiana menyebut sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan yang akan melaksanakan pelacakan kasus secara aktif.

"Apabila warga sekolah terindikasi terpapar Covid-19, satuan pendidikan tersebut menghentikan sementara PTM terbatas selama lima hari pada rombongan belajar yang terdapat kasus Covid-19 dan pembelajaran dilaksanakan secara daring," kata Nahdiana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mulai Besok, PTM di Jakarta Digelar Setiap Hari, Kapasitas Kelas 100 Persen.
Penulis: Singgih Wiryono
Editor: Nursita Sari

Baca Juga: Penumpang Pesawat 3 Kali Lebih Mungkin Tertular Covid-19 Akibat Varian Omicron

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru