CLOSE [X]

PTPP Sebut Ada Investor Taiwan yang Relokasi Pabrik ke KIT Batang

Kamis, 16 Juni 2022 | 20:04 WIB   Reporter: Dimas Andi
PTPP Sebut Ada Investor Taiwan yang Relokasi Pabrik ke KIT Batang

ILUSTRASI. KIT Batang. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP (Persero) Tbk (PTPP) mengaku bisnis kawasan industri yang dikelolanya turut terdampak oleh perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS). Perusahaan pelat merah ini pun terus berupaya memoles Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang agar menarik bagi calon investor.

Sekretaris Perusahaan PTPP Bakhtiyar Effendi mengatakan, KIT Batang ikut merasakan dampak positif dari adanya perang dagang China dan AS yang masih berlangsung hingga kini. Perang tersebut membuka kesempatan aksi relokasi perusahaan-perusahaan yang ada di China dan negara sekitarnya yang terdampak menuju negara-negara lain, tak terkecuali Indonesia.

“Ada pabrik sepatu dari Taiwan yang masuk dan menempatkan pabriknya di KIT Batang,” ujar dia, Kamis (16/6).

Baca Juga: PTPP Optimistis KIT Batang Banyak Diminati Investor

Sayangnya, Effendi tidak menyebut secara rinci nama perusahaan Taiwan yang dimaksud beserta nilai investasi yang dibawanya ke KIT Batang. Dalam berita sebelumnya, sudah ada 8 investor yang menandatangani kontrak untuk berinvestasi di KIT Batang. Selain itu, sudah ada 2 investor yang menjalankan proses konstruksi pabriknya di kawasan industri tersebut.

Investor-investor yang masuk ke KIT Batang ada yang bergerak di bidang produksi kaca, keramik, otomotif, pipa, lampu, tinta industri, dan lain-lain.

Effendi melanjutkan, KIT Batang diproyeksikan memiliki prospek bisnis yang menarik dari berbagai aspek, seperti kebijakan hilirisasi industri, kebijakan kemudahan berinvestasi dari sisi perizinan dan perpajakan, hingga keberadaan tenaga kerja yang terampil dan kompetitif yang membuat banyak investor baik asing maupun lokal tertarik untuk menanamkan modalnya di KIT Batang.

 

 

“KIT Batang merupakan salah satu proyek strategis nasional yang didukung penuh oleh pemerintah baik dari sisi pendanaan untuk pembangunan dan perizinan maupun dari sisi pemasaran,” ungkap dia.

KIT Batang pun memiliki beberapa keunggulan lain, yakni dilengkapi dengan infrastruktur dan aksesibilitas yang sangat baik untuk mendukung kegiatan industri. Di antaranya adalah akses jalan tol, dry port, jetty, water treatment plant (WTP), waste water treatment plant (WWTP), jalan kawasan ROW 42 meter, jaringan listrik, jaringan information & communication technology (ICT), dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru