Puncak arus balik di Tol Cipali dan Cikampek diperkirakan pukul 18.00

Selasa, 19 Juni 2018 | 13:56 WIB Sumber: Kompas.com
Puncak arus balik di Tol Cipali dan Cikampek diperkirakan pukul 18.00

ILUSTRASI. Gerbang Tol Palimanan


ARUS BALIK - JAKARTA. Ketua Posko Harian Mudik Lebaran Kementerian Perhubungan (Kemhub) Arif Toha memperkirakan puncak arus balik di Tol Cipali dan Tol Cikampek diperkirakan terjadi sekitar pukul 18.00 WIB.

"Iya, kepadatan pasti di Cipali dan Cikampek, kami fokus di sana dan monitor terus," kata Arif di Posko Nasional Angkutan Mudik Lebaran Kemenhub, Jakarta, Selasa (19/6).

Hingga saat ini, kata Arif, arus lalu lintas di kawasan Tol Cipali dan Cikampek masih lancar. Menurutnya, Kemhub dan seluruh pihak terkait akan memperketat pengawasan arus balik lewat jalur darat dan udara.

Kemhub telah menyiapkan langkah antisipasi untuk menangani lonjakan arus balik. "Nanti akan di-update seperti apa, antisipasi sudah kami rencanakan termasuk angkutan jalan, antisipasi antara lain seperti lakukan satu arah dan contraflow," kata Arif.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan ada tiga titik yang diwaspadai terkait kemungkinan terjadinya antrean kendaraan. Tiga titik itu di Jembatan Kalikuto, gerbang Tol Kertasari, dan Tol Cipali. "Tapi dari ketiganya itu mungkin Tol Cipali yang paling harus di-manage secara baik,” kata Budi dalam keterangannya dilansir dari situs resmi Kemhub, Selasa (19/6).

Budi menegaskan, pihak kepolisian telah memiliki kewenangan penuh di lapangan untuk melakukan diskresi dalam mengatur kepadatan kendaraan di titik-titik tersebut. “Diskresi yang pertama berkaitan dengan contraflow dan one way, itu bisa dilakukan sewaktu-waktu dan ini sudah dilakukan dan yang kedua yang lebih lugas lagi adalah diskresi untuk membebaskan pembayaran,” ujarnya.

Terkait dengan pemberlakuan satu arah, Budi menilai, langkah itu efektif untuk mengurai kemacetan. Ia optimistis Tol Cikampek dapat menerima limpahan kendaraan dari Tol Cipali. “Ini suatu pola atau suatu cara yang efektif apabila terjadi kemacetan di Tol Cipali dan untuk diketahui Tol Cipali ini memang dimungkinkan untuk satu arah karena setelah ini diterima Tol Cikampek dengan jalur yang banyak, jadi dari kecil membesar,” jelasnya. (Dylan Aprialdo Rachman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Hari Ini, Puncak Arus Balik di Cipali dan Cikampek Diperkirakan Terjadi Pukul 18.00


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru