Puncak hujan meteor Puppid-Velid jatuh pada 7-8 Desember 2021, mau lihat?

Selasa, 07 Desember 2021 | 11:18 WIB   Penulis: Arif Budianto
Puncak hujan meteor Puppid-Velid jatuh pada 7-8 Desember 2021, mau lihat?

ILUSTRASI. Puncak hujan meteor Puppid-Velid jatuh pada 7-8 Desember 2021, mau lihat?

KONTAN.CO.ID - Fenomena hujan meteor puncak hujan meteor Puppid-Velid jatuh pada 7-8 Desember 2021. Mau lihat? Hujan meteor Puppid-Velid dapat disaksikan di wilayah Indonesia dari Sabang hingga Pulau Rote mulai pukul 21.00 waktu setempat.

Tepat satu pekan di bulan Desember 2021 ini, masih ada fenomena astronomi yang menanti, loh. Termasuk puncak hujan meteor Puppid-Velid yang jatuh pada 7-8 Desember 2021 ini. 

Mengutip dari laman resmi Edukasi Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang dari Pusat Riset Antariksa LAPAN-BRIN menjabarkan bagaimana fenomena hujan meteor ini terjadi.

Puncak hujan meteor Puppid-Velid merupakan serangkaian fenomena astronomi yang terjadi di pekan pertama bulan Desember 2021 ini. Masih di tanggal yang sama, puncak hujan meteor Phoenicid juga berlangsung dari tanggal 6-7 Desember 2021.

Berbicara tentang hujan meteor, Puppid-Velid ini titik kemunculannya berada di dekat bintang Gamma Velorum (Regor) konstelasi Vela yang berbatasan juga dengan konstelasi Puppis.

Hujan meteor Puppid-Velid sumbernya berasal dari sisa debu komet 96P/Machholz yang mengorbit Matahari dengan periode 1,93 tahun. 

Kabar baiknya, hujan meteor ini dapat disaksikan di wilayah Indonesia, loh. Dapat disaksikan mulai malam ini (7/12/2021) pukul 21:00 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Tenggara hingga Barat Daya.

Gambar hanya ilustrasi, diambil dari penampakan hujan meteor Leonid tahun 1998

Intensitas hujan meteor ini di wilayah Indonesia berkisar 6 meteor/jam di wilayah Sabang hingga 8 meteor/jam di wilayah pulau Rote.

Perbedaan intensitas tersebut dikarenakan titik radian berkulminasi pada ketinggian 39 sampai 56 derajat arah selatan, sementara intensitas hujan meteor saat di zenit (titik di angkasa yang berada persis di atas pengamat) sebesar 10 meteor/jam.

Apakah Anda ingin menyaksikan hujan meteor tersebut?

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat menyaksikan hujan meteor Puppid-Velid ini. Bila cuaca cerah dan bebas dari penghalang maupun polusi cahaya di sekitar medan pandang, itulah tempat terbaik untuk menyaksikan hujan meteor ini.

Apakah hujan meteor ini berbahaya?

Jangan khawatir, hujan meteor tidak berbahaya. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cenderung kecil yang berasal dari sisa debu komet.

Mengutip dari laman Space Place NASA, mereka hampir selalu cukup kecil untuk terbakar di amtosfer kita (Bumi). Oleh karena itu, kecil kemungkinan akan memberikan dampak yang berarti.

Selanjutnya: Bukan lagi PPKM level 3, ini aturan baru yang akan diterapkan saat Nataru

Editor: Arif Budianto
Terbaru