Renovasi tiga stasiun kereta rampung April

Minggu, 13 Maret 2016 | 20:32 WIB   Reporter: RR Putri Werdiningsih
Renovasi tiga stasiun kereta rampung April


JAKARTA. Proyek revitalisasi 3 stasiun yang dilintasi kereta rangkaian listrik (KRL) lintas Jakarta - Serpong - Maja sebentar lagi akan rampung. Satker PPK Pembangunan Double Double Track dan Jalur Ganda Kereta Api Tanah Abang-Merak, Ditjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan memperkirakan pengerjaan stasiun Kebayoran, stasiun Parungpanjang dan stasiun Maja akan rampung pada April nanti.

“Ini merupakan wujud komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana serta kualitas pelayanan transportasi termasuk kereta api,” ujar J.A. Barata, Kepala Pusat Penerangan Publik, Kementerian Perhubungan akhir pekan ini.

Ia merinci, untuk pembangunan stasiun Kebayoran dilakukan perpanjangan gedung ke arah utara dan selatan. Ketinggian bangunannya mencapai 14,5 meter. Dibangun pula lantai 2 seluas 3.384 meter persegi (m2) serta 3 buah peron tinggi sepanjang 212 meter. Nantinya jika beroperasi stasiun ini bisa menampung 6.609 orang penumpang.

Kemudian Stasiun Parungpanjang dikembangkan memanjang arah utara selatan dengan tinggi stasiun 14,6 meter. Sedangkan lantai 2 kini memiliki luas sekitar 756 m2. Pemerintah juga menambah tiga peron tinggi seluas 2.400 m2. Diproyeksikan dengan pengembangan tersebut stasiun Parungpanjang bisa menambung hingga 1.476 orang penumpang.

Sementara untuk Stasiun Maja, gedung stasiunnya dikembangkan memanjang arah utara selatan dengan tinggi stasiun 15,2 meter dan luas lantai 2.570 m2. Pemerintah juga membangun 2 peron tinggi dengan luas 2.400 m2. Nantinya stasiun ini dapat menampung penumpang hingga 1.113 orang.

“Selain pembangunan gedung, juga telah dilakukan pengerjaan mekanikal - elektrikal dengan daya listrik masing-masing 6.000 VA untuk Stasiun Kebayoran, dan masing-masing 3.000 VA untuk Stasiun Parungpanjang dan StasiunMaja,” imbuh Barata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru