Rumah DP nol rupiah dibangun di Pondok Kelapa

Senin, 04 Desember 2017 | 13:50 WIB Sumber: Antara
Rumah DP nol rupiah dibangun di Pondok Kelapa


INDUSTRI PROPERTI - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan Program Rumah DP (uang muka) "Nol Rupiah" sudah dapat dilaksanakan pada 2018.

"Kami targetkan, tahun depan Program Rumah DP Nol Rupiah sudah bisa dimulai. Akhir Desember 2017 juga kalau bisa sudah ada yang launching," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Agustino Dharmawan di Jakarta, Senin (4/12).

Menurut dia, Program Rumah DP Nol Rupiah tersebut nantinya akan dibangun dengan konsep rumah susun sederhana milik atau rusunami, mengingat keterbatasan lahan di ibukota.

"Rumah DP Nol Rupiah itu memang sengaja dibangun dengan konsep rusunami karena kalau untuk pembangunan konsep rumah tapak di wilayah DKI Jakarta lahannya sangat terbatas," ujar Agustino.

Rencananya, dia menuturkan hunian dengan konsep rusunami tersebut akan dibangun di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Hunian itu nantinya akan memiliki empat tower.

"Selain itu, untuk pembangunannya, kami akan melibatkan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Jadi, bukan hanya Pemprov DKI sendiri yang mengerjakannya," tutur Agustino.

Dia mengungkapkan Rumah DP Nol Rupiah itu juga akan dibangun di wilayah-wilayah lain, di antaranya di Pondok Kelapa yang akan dibangun oleh PD Pembangunan Sarana Jaya dan di Yos Sudarso yang akan dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Namun kami belum bisa memastikan berapa jumlah sekaligus luas tiap unit yang akan dibangun. Pelaksanaan program itu, secara rinci, masih dalam proses perencanaan, terutama untuk masing-masing unitnya," ungkap Agustino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru