Jabodetabek

Rute Transjakarta hari ini dialihkan karena ada aksi unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja

Senin, 02 November 2020 | 09:02 WIB Sumber: Kompas.com
Rute Transjakarta hari ini dialihkan karena ada aksi unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja

ILUSTRASI. Bus TransJakarta saat melintasi kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (8/4/2020).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Transjakarta mengalihkan sejumlah rute bus akibat penutupan jalan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020). Jalan di kawasan Sarinah diketahui ditutup karena akan ada aksi unjuk rasa tolak omnibus law UU Cipta Kerja.

"Rute 6A, 6B dan 9 D mengalami pengalihan rute terkait adanya peutupan jalan di kawasan Sarinah. Sementara tidak melewati halte Sarinah arah Monas dan Tanah Abang," demikian informasi PT Transjakarta melalui akun resmi Twitter @PT_Transjakarta pada pukul 6.40 WIB.

Selain tiga rute tersebut, rute Blok M-Jakarta Kota dialihkan. Bus transjakarta tidak akan berhenti di Halte Sarinah arah Kota.

"INFO | Koridor 1 Blok M - Kota menggalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Sarinah. Sementara tidak melewati halte Sarinah arah Kota," demikian informasi melalui akun tersebut.

Baca Juga: Hari ini, buruh unjuk rasa tolak omnibus law dan tuntut kenaikan UMP

Kepala Divisi Sekertaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, tidak menutup kemungkinan rute lain juga akan dialihkan imbas demonstrasi hari ini.

Pengalihan rute bersifat situasional. "Nanti dikabarkan, karena situasional," kata dia.

Seperti diketahui, massa buruh akan kembali menggelar aksi demonstrasi hari ini di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengatakan, aksi tersebut bertujuan untuk menyampaikan mandat buruh yang akan menggugat UU Cipta Kerja ke MK.

"Kami mengajukan judicial review ke MK untuk memperjuangkan nasib buruh yang terdegradasi karena UU Cipta Kerja," kata dia, Minggu (1/11/2020).

Selain itu, mereka juga menuntut pemerintah agar tetap menaikkan upah minimum pada 2021. Rencananya, aksi yang digelar hari ini akan diikuti oleh buruh dari berbagai daerah di sekitar Jabodetabek. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jalan di Kawasan Sarinah Ditutup, Rute Transjakarta Dialihkan",

 

Editor: Yudho Winarto


Terbaru