Sandiaga: Saya sudah pernah beri keterangan lebih dari delapan kali

Rabu, 17 Januari 2018 | 12:48 WIB Sumber: Kompas.com
Sandiaga: Saya sudah pernah beri keterangan lebih dari delapan kali

ILUSTRASI. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan dia sudah berkali-kali dilaporkan pada kasus yang sama yaitu dugaan penggelapan lahan dan tindak pidana pencucian uang.

Sandiaga juga mengingat pernah memberi keterangan untuk kasus itu sejak sebelum dia menjadi wakil gubernur.

"Pada intinya ini kasus yang sama ternyata kalau kita lihat dan sudah dilaporkan 6 kali. Saya sudah memberikan keterangan sebelumnya waktu kampanye lebih dari 8 kali," ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (17/1).

Oleh karena itu, dia berjanji akan kooperatif dalam menjalankan proses hukumnya. Sandiaga mengatakan selama menjadi pengusaha, dia berupaya mematuhi aturan yang ada. Dia bertekad tidak akan menutupi apapun.

"Selama menjalankan dunia usaha saya selalu patuh koridor hukum dengan tata kelola yang baik. Jadi Insya Allah, saya sih jalani saja prosesnya," ujar Sandiaga.

Sampai saat ini, Sandiaga mengaku belum menerima surat panggilan pemeriksaan dari Polda Metro Jaya. Tim dari Biro Hukum DKI Jakarta akan mengecek kebenaran pemanggilan itu hari ini.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap Sandiaga pada Kamis (18/1/2018) mendatang. 

Sandiaga diperiksa sebagai saksi terlapor dalam kasus dugaan penggelapan lahan dan tindak pidana pencucian uang.

Berdasarkan surat pemanggilan yang beredar, penyidik telah meningkatkan kasus ini ke tahap penyidikan. Rekan bisnis Sandiaga dalam kasus yang sama, yakni Andreas Tjahjadi, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu.

Berdasarkan surat panggilan, Sandiaga disebut pernah mangkir dari panggilan polisi pada 11 Oktober 2017. Saat itu kuasa hukum Sandiaga meminta agar pemeriksaan ditunda setelah kliennya dilantik menjadi wakil gubernur DKI Jakarta. (Jessi Carina) 

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Sandiaga: Saya Sudah Dilaporkan 6 Kali dan Memberikan Keterangan Lebih dari 8 Kali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru