Sapi kurban mulai dijual di Jakarta, ini kisaran harganya

Jumat, 10 Juli 2020 | 15:11 WIB Sumber: Kompas.com
Sapi kurban mulai dijual di Jakarta, ini kisaran harganya

ILUSTRASI. Harga sapi kurban di Jakarta mulai dari Rp 16 juta. KONTAN/Baihaki

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pedagang sapi mulai semarak di sejumlah wilayah di Jakarta menjelang Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli ini. Harga sapi untuk kurban beragam, paling murah Rp 16 juta.

Di wilayah Jakarta Selatan, pedagang sapi kurban terlihat sudah membuka lapak di sekitar Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa. Koordinator Lapak Sapi Kurban Lembu Mukti Qurban, Ari mengatakan, harga sapi kurban tahun ini di tempatnya berkisar antara Rp 16 juta hingga Rp 30 jutaan.

Baca juga: Masjid Istiqlal tidak menggelar solat Idul Adha pada tahun ini 

“Di lapak sini harga 16-30 jutaan untuk sapi dengan berat sekitar 200-600 kilogram,” kata Ari, Kamis (9/7/2020) malam. Di lapaknya terdapat sapi jenis limosin dan peranakan ongole atau sering disebut sapi jawa.

Sementara harga sapi kurban di lapak Sumiland Farm lebih bervariasi. Marketing Sumiland Farm, Arpan Dadi menyebutkan, harga sapi kurban di lapaknya berkisar Rp 22 juta-Rp 90 juta. Harga sapi sebesar Rp 90 juta merupakan sapi kurban seberat 300 kilogram sampai 1 ton 151 kilogram. “Di lapak ini ada sapi kurban jenis limosin, simmental, dan brahman,” ujar Arpan.

Baca juga: Zona merah corona di Jakarta Barat tersisa empat wilayah, ini rinciannya 

Lapak-lapak sapi mereka berada tak jauh dari KFC LA-Terrace Lenteng Agung. Lapak mereka ada di sebelah kiri Jalan Raya Lenteng Agung ke arah Universitas Indonesia (UI). Penjualan sapi kurban tahun ini diprediksi akan meningkat lantaran adanya pembatalan ibadah haji. Calon jemaah haji disebut akan mengalihkan uangnya untuk melaksanakan kurban.

(Wahyu Adityo Prodjo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Sapi Kurban di Jaksel Berkisar antara Rp 16 Juta hingga Rp 90 Juta", 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru