Jawa Tengah

Sebagian akses tol di Jateng dan Jatim tutup sementara karena PPKM Darurat

Rabu, 14 Juli 2021 | 07:20 WIB Sumber: Kompas.com
Sebagian akses tol di Jateng dan Jatim tutup sementara karena PPKM Darurat

ILUSTRASI. Foto udara suasana mobilitas kendaraan di ruas Jalan Tol Semarang-Solo di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/7/2021).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya memaksimalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa-Bali, kepolisian akan menutup sebagian jalan tol di Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai 16 Juli 2021.

 Dikatakan oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi, 27 pintu keluar tol di Jateng bakal ditutup sepanjang 16-22 Juli 2021 guna menekan mobilitas masyarakat.

“Kendaraan yang diizinkan melintas hanya yang berkaitan dengan sektor esensial dan kritikal sesuai Permendagri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat,” kata Ahmad, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: IHSG diprediksi lanjut melemah pada Rabu (14/7), cermati saham-saham berikut ini

Dirinya mengungkapkan bahwa Covid-19 menyebar melalui mobilitas barang dan masyarakat dari dan ke wilayah tertentu. Ahmad melanjutkan, penutupan seluruh pintu keluar tol dikarenakan Provinsi Jateng merupakan wilayah tujuan. Baik untuk mudik libur Idul Adha maupun akhir pekan.

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, ada 27 exit tol mulai dari Brebes hingga Sragen yang akan ditutup sampai tanggal 22 Juli 2021.

"Hasil koordinasi dengan forkopimda Jawa Tengah, seluruh akses masuk Jawa Tengah ditutup termasuk exit tol di 27 pintu exit tol akan kita tutup total mulai Jumat tanggal 16 sampai dengan tanggal 22," kata Iqbal.

"Semua exit tol dari Brebes sampai perbatasan Sragen. Dari Jakarta tidak bisa ke Jateng, dari Jatim juga tidak bisa ke Jateng," ucap dia menegaskan.

Penutupan beberapa akses jalan tol juga dilakukan di Jawa Timur. Beberapa pintu keluar jalan tol di Jawa Timur ditutup sementara selama PPKM Darurat.

Baca Juga: Sebanyak 35 orang tersangka pelanggaran PPKM Darurat, ada manajer hingga CEO

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Kepolisian Daerah Jawa Timur AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, mengatakan pintu keluar gerbang tol Sidoarjo serta gerbang tol Lawang sampai Pakis dan Kedungkandang/Madyopuro di Malang ditutup sementara mulai Senin, kemarin.

"Ini akan berlaku 24 jam selama PPKM Darurat dan terus kami analisa serta evaluasi dengan melihat pergerakan masyarakat," kata Dwi dilansir Antara. (Ruly Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPKM Darurat, Sebagian Akses Tol di Jateng dan Jatim Tutup Sementara"

Editor: Yudho Winarto
Terbaru