Peristiwa

Sebanyak 70.000 kendaraan tinggalkan Jakarta, terbanyak ke Jawa Tengah

Jumat, 12 Februari 2021 | 16:02 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 70.000 kendaraan tinggalkan Jakarta, terbanyak ke Jawa Tengah

ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/1/2021). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 70.000 kendaraan keluar dari Jakarta saat perayaan Imlek, Jumat (12/2). Adapun dua wilayah yang menjadi tujuan pemudik yakni Jawa Tengah dan Bandung. 

"Info terakhir dari Jasa Marga, arah ke Jawa Tengah ada 38.000-an, dan ke arah Bandung atau Tasik ada 36.000," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan dihubungi wartawan, Jumat (12/2). 

Menurut Rudy, kondisi ini belum menimbulkan kepadatan lalu lintas yang signifikan. Baca juga: Kisah Samiyem Penyapu Bong Cina, Tidak Menyerah Berapa Pun Rezeki Imlek yang Diterima. 

Baca Juga: Tol Cipali KM 122 ambles, Menteri PUPR instruksikan 3 hal ini

Namun, jika jumlah pemudik bertambah, polisi sudah menyiapkan skenario lalu lintas. "Belum ada (rekayasa lalu lintas) karena situasi lancar. Namun, kita sudah siapkan skenario rekayasa jika terjadi kepadatan," kata Rudi. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi meminta masyarakat untuk menghindari kunjungan keluarga dalam perayaan Imlek 2572 Kongzili hari ini. 

Melalui ucapannya atas perayaan Imlek 2021, Muhadjir juga mengatakan agar kesempatan ini digunakan untuk dapat segera keluar dari Pandemi Covid-19. 

"Mari kita berdoa bersama agar Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19. Hindari saling mengunjungi antar keluarga besar. Lakukan silaturahmi secara virtual tanpa mengurangi nilai dan makna luhur Imlek itu sendiri," kata dia.  

Baca Juga: Libur panjang, Jasa Marga ingatkanl hal ini kepada pengguna jalan tol

Selain itu, para aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, dan pegawai BUMN juga dilarang bepergian ke luar daerah selama 11 Februari hingga 14 Februari mendatang. 

Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 4 Tahun 2021 yang dikeluarkan Selasa (9/2/2021) kemarin. (Tatang Guritno)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "70.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Terbanyak ke Jateng"

Selanjutnya: Libur panjang Imlek, 593.000 kendaraan diprediksi tinggalkan Jabotabek

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag
Terbaru