Sebelum Lengser, Anies Baswedan akan Resmikan Kampung Gembira Gembrong

Kamis, 29 September 2022 | 21:13 WIB Sumber: Kompas.com
Sebelum Lengser, Anies Baswedan akan Resmikan Kampung Gembira Gembrong

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berbincang dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan)


ANIES BASWEDAN - JAKARTA. Revitalisasi kawasan perkampungan Pasar Gembrong menjadi Kampung Gembira Gembrong, di RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, hampir rampung.

Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikan 138 rumah korban kebakaran Pasar Gembrong yang telah direvitalisasi itu pada 3 Oktober 2022 atau sebelum masa jabatannya berakhir.

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria akan berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022.

Baca Juga: Survei SMRC: Pemilih PDI-P Bertambah 10% Jika Usung Anies Baswedan Sebagai Capres

“Kita harapkan bisa tuntas semuanya (pengerjaan). Mudah-mudahan hari Senin (3 Oktober 2022) bisa diresmikan oleh Pak Gubernur,” kata Wali Kota Jakarta Timur M Anwar di Jakarta Timur, Kamis (29/9/2022).

Anwar mengatakan, terdapat perubahan waktu peresmian revitalisasi karena ada kendala sarana dan prasarana seperti jalan, saluran, taman, hingga rumah yang masih dalam proses penyelesaian.

Diharapkan, warga korban kebakaran Pasar Gembrong dapat merubah pola hidup lama mereka setelah menempati hunian baru yang lebih bersih, sehat sesuai konsep revitalisasi.

“Harus ada aturan di situ, harus ada kedisiplinan. Karena pada saat mereka ditampung di Rusun CBU mereka diedukasi, diberi pembinaan, pemberdayaan oleh UKPD terkait,” ujarnya.

Pasar Gembrong di dilanda kebakaran hebat yang mengakibatkan 400 bangunan terdampak, pada Minggu (24/4/2022) sekira pukul 21.06 WIB.

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran Kampanye Terselubung Anies Baswedan, Bawaslu Tindak Lanjuti

Warga korban kebakaran Pasar Gembrong sempat mengungsi di tenda darurat dekat lokasi, hingga pada akhir bulan Mei 2022 lalu mereka direlokasi sementara ke Rusun CBU untuk proses revitalisasi.

Dalam revitalisasi ini, sebanyak 138 rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang memiliki legalitas dibangun ulang menggunakan anggaran Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Baswedan akan Resmikan Kampung Gembira Gembrong Sebelum Lengser"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru