kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45755,12   29,29   4.04%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sejumlah wilayah Jakarta kebanjiran, ini kata Anies


Minggu, 09 Februari 2020 / 12:33 WIB
Sejumlah wilayah Jakarta kebanjiran, ini kata Anies
ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) mengikuti rapat pencegahan dan penanganan dampak banjir yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakar

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta pada Sabtu (8/2) disebabkan hujan yang ekstrem. Curah hujan di Jakarta mencapai 244 milimeter. 

"Yang kemarin dialami di Jakarta itu, (curah hujan) sampai dengan 244 milimeter, jadi kita mengalami curah hujan yang ekstrem. Karena (curah hujan) di atas 150 milimeter (disebut) ekstrem, kita mengalami di atas 240 milimeter," ujar Anies di Toko Tani Indonesia Center, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2). 

Baca Juga: PLN: Seluruh gardu listrik yang dipadamkan akibat banjir sudah normal

Selain itu, kata Anies, banjir juga disebabkan air kiriman dari hulu. Ketinggian air di Bendung Katulampa menyebabkan Jakarta menerima volume air yang cukup besar dari hulu. 

"Kami sudah mulai siaga hari Jumat malam karena kita menyaksikan bahwa di Bendung Katulampa sudah mengalami peningkatan status kesiagaan, dan alhamdulillah kemarin sudah sampai puncaknya dan lewat sehingga terkendali dengan baik," kata dia. 

Anies berujar, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta sudah siaga untuk mengendalikan banjir Ibu Kota. Alat-alat berat dan pompa air juga turut disiagakan. Anies juga meminta masyarakat mengantisipasi banjir yang disebabkan curah hujan ekstrem. 

"Ke depan kami selalu siaga, semua petugas bersiap dan kami berharap seluruh masyarakat juga mengantisipasi karena curah hujan yang ekstrem," ucap Anies. 

Baca Juga: Banjir di Boulevard Barat Raya Kelapa Gading belum surut hingga Sabtu malam

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, ada 45 kelurahan yang tersebar di 23 kecamatan di Jakarta yang terendam banjir pada Sabtu kemarin. 

Wilayah paling banyak terdampak banjir berada di Jakarta Timur. Hingga pukul 18.00 WIB kemarin, menurut BNPB, 891 kepala keluarga (2.867 jiwa) terdampak banjir. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejumlah Wilayah Jakarta Banjir, Anies Sebut Pengaruh Curah Hujan Ekstrem"



TERBARU

[X]
×