Selain uang, penerima bansos tunai juga dapat beras, cek di cekbansos.kemensos.go.id

Selasa, 13 Juli 2021 | 10:43 WIB   Reporter: kompas.com
Selain uang, penerima bansos tunai juga dapat beras, cek di cekbansos.kemensos.go.id

ILUSTRASI. Selain uang, penerima bansos tunai juga dapat beras, cek di cekbansos.kemensos.go.id


BANSOS - Jakarta. Pemerintah kembali memberikan bantuan sosial tunai / bansos tunai (BST) untuk masyarakat miskin. Masyarakat yang mendapatkan bansos tunai / BST bisa cek namanya sebagai penerima atau tidak di link cekbansos.kemensos.go.id.

Seperti diketahui, penyaluran bansos tunia/BST sebesar Rp 300.000 akan dilanjutkan untuk periode Mei dan Juni 2021. Pemerintah akan mencairkan BST pada dua periode tersebut di bulan Juli ini.

Dengan demikian, masyarakat akan menerima bansos tunai sekaligus sebesar Rp 600.000. Rencananya, bansos tunai tersebut akan diberikan kepada 10 juta penerima. Untuk itu, bagi masyarakat yang menjadi keluarga penerima manfaat (KPM) untuk BST Rp 600.000 bisa mengecek status kepenerimaan di cekbansos.kemensos.go.id.

Penyaluran BST akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH disalurkan melalui himpunan bank-bank negara (Himbara). Berikut adalah cara cek penerima BST di link cekbansos.kemensos.go.id:

  • Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan
  • Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  • Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode
  • Jika tidak jelas huruf kode klik gambar refresh untuk mendapatkan kode baru
  • Lalu klik tombol pencari data.

Baca juga: Cek di cekbansos.kemensos.go.id, penerima bansos dapat tambahan beras 10 kg

Cara cek penerima bansos tunai / BST melalui link cekbansos.kemensos.go.id bisa dilakukan handphone atau laptop. Yang penting, sebelum membuka link cekbansos.kemensos.go.id, pastikan ada koneksi internet.

Selain uang tunai Rp 600.000, pemerintah juga menambahkan paket beras 10 kg untuk penerima BST. Bantuan tambahan beras 10 kg pun juga akan diterima oleh penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat (PKH).

Adapun besaran bantuan yang diterima oleh KPM yang terdaftar sebagai penerima PKH beragam tergantung situasi dari keluarga yang bersangkutan. Misalnya, bagi keluarga dengan ibu hamil dan anak usia dini akan mendapatkan Rp 3 juta.

Sementara untuk keluarga yang memiliki anak SD maka dia dapat bantuan sebesar Rp 900.000, untuk anak yang sudah SMP dapat Rp 1,5 juta, dan untuk anak yang sudah SMA dapat Rp 2 juta. Sedangkan keluarga yang memiliki anggota disabilitas atau lansia akan mendapatkan Rp 2,4 juta.

Itulah cara cek penerima bansos / BST melalui link cekbansos.kemensos.go.id. Semoga Anda termasuk salah satu penerima bantuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cek Penerima Bansos Tunai dan Beras 10 Kg di cekbansos.kemensos.go.id",


Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Mutia Fauzia

Selanjutnya: Pemerintah akan salurkan bantuan pangan selama PPKM Darurat

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru