Simpang susun Semanggi dibuka 29 Juli 2017

Senin, 17 Juli 2017 | 15:17 WIB Sumber: Kompas.com
Simpang susun Semanggi dibuka 29 Juli 2017


JAKARTA. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal mengungkapkan pihaknya akan membuka Simpang Susun Semanggi untuk umum pada 29 Juli 2017 mendatang.

Pembukaan ini sekaligus sebagai soft launching sebelum proyek tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2017 mendatang.

"29 Juli itu targetnya open traffic. Pak Gubernur berkenan melakukan softlaunching," kata Yusmada kepada Kompas.com di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/7) siang.

Secara umum, proyek Simpang Susun Semanggi sudah selesai. Menjelang soft launching nanti, Yusmada menuturkan, pihaknya tinggal menyiapkan rambu-rambu dan marka jalan untuk dipasang di sepanjang area tersebut.

"Open traffic itu dipakai untuk umum, sambil kami evaluasi, kan terjadi perubahan perilaku, kalau mau ke HI lewat kolong mutar, sekarang kan langsung shortcut ke jembatan. Melihat pembenahan-pembenahan berikutnya terhadap lingkungan sekitarnya," ujar Yusmada.

Adapun uji coba terhadap ketahanan proyek Simpang Susun Semanggi sudah berlangsung beberapa hari lalu, dengan menempatkan belasan truk yang terisi penuh dengan pasir.

Saat itu, tercatat beban yang ditempatkan hingga 480 ton, dengan total 16 truk yang masing-masing memiliki berat 30 ton.

"480 ton dieksekusi di jembatan dengan bentang 80 meter yang melengkung itu, masih kuat," ucap Yusmada. (Andri Donnal Putera)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru