Peristiwa

South Pacific Viscose dukung program Citarum harum

Kamis, 20 September 2018 | 22:10 WIB   Reporter: Aulia Fitri Herdiana
South Pacific Viscose dukung program Citarum harum

ILUSTRASI. PRODUSEN SERAT VISCOSE

KONTAN.CO.ID - PURWAKARTA. PT South Pacific Viscose (SPV) terus berupaya untuk meningkatkan standar dan kualitas fasilitas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) sekaligus mendukung program Citarum Harum.

Citarum Harum merupakan program yang dicanangkan Pemerintah Indonesia melalui Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum.

Salah satu langkah yang dilakukan SPV ialah merekrut dua konsultan lingkungan yang berasal dari India dan Korea Selatan. "Perekrutan dua konsultan ini adalah untuk menyempurnakan IPAL, sehingga SPV bisa beroperasi penuh satu tahun," ucap Presiden Direktur PT SPV, Christian Oberleitner di Purwakarta, Jawa Barat.

Christian juga memastikan, demi menjaga kelestrasian lingkungan, khususnya Sungai Citarum, pihaknya telah mengikuti semua regulasi dari  pemerintah dan mematuhi segala perarturan yang telah dikeluarkan.

"Sebagai perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia selama 35 tahun, kami ingin turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam di Sungai terpanjang di Jawa Barat ini. Apalagi, aspek lingkungan merupakan salah satu nilai perusahaan yang senantiasa kami perhatikan," terangnnya kemudian. 

Menurutnya, SPV telah terlibat aktif sebagai pendukung program Citarum Harum sejak program tersebut dimulai. "Sejak saat itu, kami terus berupaya untuk berkontribusi secara aktif untuk mendorong tercapainya tujuan Citarum Harum," kata Christian.

Sebagai perusahaan penghasil produk serat rayon yang berbahan dasar kayu, PT. South Pacific Viscose telah disertifikasi oleh FSC (Badan Pengelolaan Hutan) sehingga menjadi ramah terhadap lingkungan. Bahkan, SPV kini tengah menargetkan pengelolaan emisi sesuai standar EU Ecolabel atau sesuai standar emisi Eropa paling lambat tahun 2022.

Editor: Handoyo .
Terbaru