kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sri Mulyani: Indonesia perlu melakukan banyak pembangunan dan investasi


Jumat, 26 April 2019 / 17:06 WIB
Sri Mulyani: Indonesia perlu melakukan banyak pembangunan dan investasi

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memaparkan kondisi perekonomian terkini pada acara Infrastructure Summit 2019 di Universitas Padjajaran, Bandung. 

Ia menyebutkan, kemampuan Indonesia menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi yang inklusif selama satu dekade, merupakan modal kuat untuk membawa Indonesia menjadi negara dengan GDP ke-5 terbesar pada 2045.


“Kalau kita memiliki visi seperti itu, maka kita tahu Indonesia perlu melakukan banyak pembangunan dan investasi sehingga visi dan cita-cita itu bisa tercapai,” jelas Menkeu seperti dikutip dari laman kemenkeu.go.id, Jumat (26/04).

Sebagai negara berpendapatan menengah, Indonesia perlu meningkatkan level maupun kualitasnya dalam menghadapi tantangan pertumbuhan ekonomi. Indonesia juga perlu membangun infrastruktur sebelum kondisi masyarakat kelas menengah dan urbanisasi semakin rumit dan tidak tertangani. 

Selain itu, penting pula mendidik masyarakat agar memiliki keahlian dan produktivitas sehingga mampu memanfaatkan teknologi dan tidak hanya menjadi konsumen teknologi. Hal ini tidak bisa dihindari apabila Indonesia ingin naik ke negara berpendapatan tinggi atau tidak terjebak sebagai negara berpendapatan menengah.

“Kualitas dari universitas dan Sumber Daya Manusia yang dihasilkan dari universitas akan menjadi salah satu faktor yang menentukan sebuah negara mampu terus meneruskan perjalanan dari middle income ke high income,” papar Menkeu.




TERBARU

Close [X]
×