Suatu saat nanti DKI punya kereta Transjakarta

Minggu, 09 April 2017 | 11:18 WIB Sumber: Kompas.com
Suatu saat nanti DKI punya kereta Transjakarta


JAKARTA. Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan, adanya wacana untuk membuat kereta Transjakarta. Hal ini bermula dari permintaan dari pemerintah pusat kepada Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan 5 trainset.

"Harganya tidak mahal, masih terjangkau. Tapi saya minta namanya harus kereta Transjakarta," ujar Sumarsono di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Minggu (9/4/2017).

Sumarsono mengatakan, wacana ini baru ide awal. Belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaannya.

Namun, kata Sumarsono, hal ini sesuai dengan semangat PT Transjakarta untuk menambah integrasi. "Ini baru ide dasar, harus ada perluasan lagi. Tapi branding barunya ya bahwa kita tidak hanya di bus tapi juga kereta api, mungkin nanti ada di udara ha-ha-ha," ujar Sumarsono berseloroh.

Sumarsono mengatakan, masih harus dilakukan kajian untuk mewujudkan kereta Transjakarta. Bussines plan juga harus dibuat terlebih dahulu.

Namun, kata Sumarsono, ini merupakan ide baik yang juga akan mendukung pengoperasian kereta bandara nanti. Sumarsono menyampaikan hal itu dalam acara peluncuran 100 bus maxi baru milik Transjakarta.

Bus maxi ini mampu menampung penumpang yang lebih banyak daripada bus biasanya. Selain itu, 5 bus tingkat dengan warna merah putih juga diluncurkan dalam acara itu.

(Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru