Sudah 1.700 ton sampah diangkut dari Kali Pisang Batu, Bekasi

Jumat, 11 Januari 2019 | 17:47 WIB Sumber: Kompas.com
Sudah 1.700 ton sampah diangkut dari Kali Pisang Batu, Bekasi


BEKASI - BEKASI. Sudah sebanyak 1.700 ton atau 2.400 kubik sampah sudah terangkut dari Kali Pisang Batu, Bekasi. Namun masih belum semua sampah diangkut dari sungai.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dodi Agus mengatakan, saat ini tersisa 20% tumpukan sampah di kali tersebut. Adapun, pengangkutan sampah di kali tersebut sudah berlangsung sejak Sabtu (5/1). 

Sampah diangkut dengan dua unit alat berat dan puluhan truk sampah. "Sudah 80% diselesaikan. Sore ini kami selesaikan penyelesaian sampah di Kali Pisang Batu," kata Dodi di Kantor Desa Setia Asih, Jumat (11/1/2019). 

Pihaknya juga akan menugaskan seorang petugas kebersihan di tiap desa untuk mengangkut sampah. Hal itu dilakukan agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan. 

"Permintaan dari kepala desa kami akan menempatkan satu desa satu petugas dengan diangkat oleh petugas kebersihan. Jadi dia standby setiap hari digaji Pemda dan selanjutnya dia kerja angkat sampah di kali," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga akan memasang jaring sampah di kali wilayah perbatasan, agar sumber sampah bisa diketahui asalnya. 

Lautan sampah menumpuk sepanjang hampir 1,5 kilometer di Kali Pisang Batu, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sampah tersebut disebut berasal dari aliran Kali Bancong yang berada di wilayah Kota Bekasi. 

Kini sampah di Kali Bancong tengah diangkut Petugas dari Pemkot Bekasi menggunakan satu alat berat, empat unit truk, dan 22 personel.(Dean Pahrevi)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "1.700 Ton Sampah Diangkut dari Kali Pisang Batu Bekasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru