Jawa Timur

Sudah 3 hari akses Malang-Kediri putus akibat tertutup material longsor

Jumat, 05 Februari 2021 | 15:42 WIB Sumber: Kompas.com
Sudah 3 hari akses Malang-Kediri putus akibat tertutup material longsor

ILUSTRASI. Ruas jalan provinsi yang menjadi akses utama Malang-Kediri di Kabupaten Malang masih terputus

KONTAN.CO.ID - MALANG. Ruas jalan provinsi yang menjadi akses utama Malang-Kediri di Kabupaten Malang masih terputus akibat tertimbun material longsor. Ruas jalan itu telah terputus selama tiga hari sejak terjadi longsor yang menutup badan jalan pada Selasa (2/2). Sampai saat ini, petugas gabungan masih membersihkan material longsor di Kedungrejo, Kecamatan Pujon.

"Masih proses pembersihan," kata Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan, Jumat (5/2). Sebenarnya, setiap kali terjadi longsor, petugas langsung membersihkan material yang menimpa jalan.

Namun, hujan deras yang terjadi membuat longsor kembali terjadi. Material yang ambrol juga menimpa badan jalan. Pada Kamis (4/2), ruas jalan itu sempat dibuka ketika semua titik longsor sudah dibersihkan.

Ketika itu, ada lima titik longsor di sepanjang akses utama Malang-Kediri yang menutup total badan jalan. Seperti di Kedungrejo dan Sukomulyo di Kecamatan Pujon, Maron dan Jombok di Kecamatan Ngantang, serta Pait di Kecamatan Kasembon. Namun, tidak lama setelah jalan bisa dilalui, hujan deras kembali melanda pada Kamis malam.

Baca Juga: PLN memulihkan 866 gardu listrik terdampak gempa di Sulawesi Barat

Hujan deras itu menyebabkan longsor susulan di Kedungrejo. Di titik itu, tinggi longsor yang terjadi sekitar 25 meter. Karena kerap terjadi longsor susulan, Sadono mengaku masih melihat situasi untuk membuka kembali akses jalan tersebut meski material longsor sudah dibersihkan. "Lihat situasi dan kondisi nanti mas," katanya.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan tiga alat berat untuk membersihkan material longsor. "Tiga alat berat stand by," kata dia.

Akses utama Malang-Kediri tutup total akibat longsor sejak Selasa (2/2) malam. Ketika itu, bencana longsor terjadi di Dusun Jombok Krajan, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang sekitar pukul 17.50 WIB. Material longsor itu menimpa jalur provinsi yang menjadi akses utama Malang-Kediri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sudah 3 Hari Akses Malang-Kediri Putus akibat Tertutup Material Longsor.
Penulis: Kontributor Malang, Andi Hartik
Editor: Dheri Agriesta

Baca Juga: Ini panduan kesiapsiagaan potensi banjir bandang Jakarta dua hari ke depan

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru