Sulbar berharap perairannya dijadikan tol laut

Sabtu, 03 Januari 2015 | 16:30 WIB Sumber: Antara
Sulbar berharap perairannya dijadikan tol laut


MAMUJU. Gubernur Sulawesi Barat berharap perairan Sulawesi Barat yang terletak di selat Makassar dijadikan tol laut sesuai rencana pemerintah pusat membangun sektor kemaritiman.

"Pembangunan tol laut di selat Makassar yang melintasi perairan Sulbar sangat kami harapkan dan perairan Sulbar dapat dijadikan tol laut," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu (3/1).

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar mendukung program tol laut di perairan selat Makassar karena akan mendorong tumbuhnya perdagangan laut dalam negeri dan perdagangan antarnegara.

Ia mengatakan, selat Makassar yang meliputi 700 kilometer perairan Sulbar letaknya sangat starategis karena daerah tersebut terdapat di perairan yang merupakan wilayah sejumlah provinsi lain. Antara lain, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Sulbar, serta sejumlah Provinsi di Kalimantan seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Menurut dia, apabila jalur tol laut dibuka di perairan Selat Makassar, juga akan meningkatkan dukungan pengelolaan dan pemasaran hasil laut di Sulbar dan provinsi lainnya. Sehingga, jakan mendukung peningkatan kesejahteraan nelayan ekonomi daerah dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia mengatakan, pengawasan tentu harus dimaksimalkan untuk lebih menjaga hasil pengelolaan sumber daya laut agar semakin maksimal.

Oleh karena itu, ia berharap dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Sulbar 5 November 2014 ke Provinsi Sulbar akan dapat memberikan pertimbangan mengenai kebutuhan pembukaan tol laut di perairan Selat Makassar.

"Kami berharap terjadi perubahan di daerah ini sehingga sangat berharap tol laut dibuka di perairan Selat Makassar karena selama ini Selat Makassar merupakan alur laut pelayaran Indonesia (ALKI) II," katanya. (Faisal Hanapi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru