Sulut bidik ekspor kopi ke Italia & China

Rabu, 14 September 2016 | 14:26 WIB Sumber: Antara
Sulut bidik ekspor kopi ke Italia & China


MANADO. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersiap mengekspor kopi Kotamobagu ke China dan Italia. Sebab, permintaan dari kedua negara tersebut cukup tinggi.

"Rencananya, tahun ini pengekspor Sulut akan mengekspor kopi dari Kota Kotamobagu ke Tiongkok dan Italia," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut T Hasudungan Siregar di Manado, Rabu (13/9).

Dia mengatakan, saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan langkah-langkah untuk melakukan ekspor kopi. "Tahapannya saat ini sedang mempersiapkan rekomendasi ekspor agar terdaftar sebagai eksportir terdaftar kopi sementara," ungkapnya.

Jika nantinya perusahaan pengekspor telah melakukan ekspor kopi sekitar 200 ton selama satu tahun, maka akan menjadi eksportir terdaftar.

Hasudungan berharap, masyarakat di Bolaang Mongondow Raya memanfaatkan peluang ini, sebab saat ini pasar untuk kopi sudah terbuka lebar. Masyarakat tinggal meningkatkan produksi dan kualitasnya, sehingga jika ada permintaan yang besar dan kontinu bisa disediakan.

"Sebab konsistensi sangat penting untuk mengekspor komoditas," tuturnya.

Saat ini, Disperindag terus mendorong agar komoditas unggulan Sulut dapat dipasarkan ke berbagai negara di dunia. Hal ini penting dilakukan agar bisa menghasilkan devisa bagi negara. (Nancy Lynda Tigauw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru