Survei SMRC: Elektabilitas Ridwan Kamil teratas

Kamis, 02 November 2017 | 17:39 WIB   Reporter: Ramadhani Prihatini
Survei SMRC: Elektabilitas Ridwan Kamil teratas


PILKADA - JAKARTA. Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memiliki potensi besar untuk memenangkan Pilkada Jawa Barat tahun 2018.Kesimpulan ini merupakan hasil Survei Saiful Mujani Reseaech and Cosulting (SMRC).

Penelitian dilakukan pada akhir September hingga Oktober 2017 dengan 820 responden dengan tingkat kepercayaan 95%. Direktur Eksekutif SMRX Djayadi Hanan bilang, Ridwan Kamil unggul dari berbagai simulasi pilihan.

Ia bilang elektabilitas Ridwal Kamil berada di urutan teratas, dengan dukungan berkisar 16,8%-64%. Dedy Mizwar menjadi penantang paling kuat dengan dukungan berkisar 3,8% - 59,9%.

Dibarisan berikutnya ada nama yang mendapat dukungan relatif tinggi hampir sama rata. Yakni Dede Yusuf Macan Effendi, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dan Dedy Mulyadi.

"Ridwan kamil saat ini secara konsisten di berbagai survey cukup unggul dibanding lawan politik terdekatnya yaitu Dedy Mizwar,"kata Djayadi Hanan, Kamis (2/11).

Hasil ini ia bilang lantaran ada dua faktor terbesar. Yakni tingkat kesukaan masyarakat terhadap Ridwan Kamil lebih tinggi ketimbang Dedy Mizwar.

Selain itu, terkait dengan kinerja Ridwan Kamil yang terbukti bisa membawa Kota Bandung lebih maju. Meski Dedy Mizwar petahana, namun kinerja dia tidak bisa terlihat jelas lantaran hanya menjabat sebagai Wakil Gubernur.

"Dua faktor itu yang menyebabkan Ridwan Kamil unggul. Dia masih memiliki potensi yang besar untuk memenangkan Pilkada Jabar," tukas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru