Tak Jadi Usung Kaesang, Gerindra Majukan Taj Yasin Sebagai Cawagub Jateng

Jumat, 23 Agustus 2024 | 17:11 WIB   Reporter: kompas.com
Tak Jadi Usung Kaesang, Gerindra Majukan Taj Yasin Sebagai Cawagub Jateng

ILUSTRASI. Cawagub Jateng nomor urut 1 Taj Yasin memasukkan surat suara saat melakukan pencoblosan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, di tempat pemungutan suara (TPS) 4, Sarang, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (27/6). Gerindra menunjuk paslon cagub dan cawagub Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen di pilkada 2024.


PILKADA - JAKARTA. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjuk pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen.

Hal ini terungkap ketika Partai Gerindra memberikan surat keputusan tentang persertujuan pasangan calon kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung oleh Partai Gerindra.

Surat ini diberikan langsung Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2024).

Sebelum memberikan surat keputusan, Muzani sempat mengungkap nama Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur pilihan Prabowo.

“Calon gubernur yang ditunjuk Pak Prabowo adalah Ahmad Luthfi,” kata Muzani.

Baca Juga: Gerindra Sebut KIM Tak Bakal Usung Kaesang di Pilkada Jateng

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus bakal mendukung Ahmad Lutfhi dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jateng 2024.

Dasco menyebutkan, KIM Plus bakal sejalan dengan Partai Nasdem yang sudah memberikan rekomendasi dukungan itu pada Senin (19/8/2024) sore.

“Ya kita dengan Nasdem sama-sama, Nasdem itu kan masuk di KIM Plus. Sehingga apa yang dilakukan kawan-kawan Nasdem sudah dikoordinasikan pada saat Bang Surya Paloh bertemu Pak Prabowo beberapa waktu yang lalu,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin malam.

Dasco mengungkapkan, partai-partai politik yang menjadi bagian di KIM Plus nampaknya punya keinginan yang sama untuk mendukung Ahmad Lutfi dan Kaesang menjadi bakal calon gubernur (bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) di Pilkada Jateng. “Kita akan mengusung Pak Ahmad Lutfi dan Mas Kaesang,” kata dia.

Baca Juga: Terkait Nasib Kaesang di Pilkada 2024, Komisi II Tegaskan PKPU Ikuti Putusan MK

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Kaesang, Taj Yasin Dipilih Gerindra Dampingi Ahmad Luthfi di Jateng", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/08/23/16141871/bukan-kaesang-taj-yasin-dipilih-gerindra-dampingi-ahmad-luthfi-di-jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru