Takbir keliling dan Salat Idul Adha di Masjid di Depok ditiadakan

Senin, 12 Juli 2021 | 11:15 WIB Sumber: Kompas.com
Takbir keliling dan Salat Idul Adha di Masjid di Depok ditiadakan

ILUSTRASI. Wali Kota Depok Mohammad Idris


COVID-19 - DEPOK. Wali Kota Depok Mohammad Idris meniadakan sementara ibadah di tempat ibadah serta malam takbiran dan shalat Idul Adha pada masa PPKM Darurat ini. Ketentuan itu diteken dalam Surat Edaran Nomor 451/368/Huk/Kesos yang ditandatangani Idris pada 10 Juli 2021 lalu.

"Penyelenggaraan takbiran di masjid atau mushola dilakukan hanya oleh satu orang petugas," ujar Idris dalam beleid tersebut.

"Penyelenggaraan salat Idul Adha 1442 H/2021 M di masjid/mushola/fasilitas umum lainnya yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah dan swasta, ditiadakan," lanjutnya.

Selain itu, Idris juga melarang kegiatan takbir keliling yang kerap dilakukan warga menyongsong Idul Adha. Silaturahim atau kunjungan merayakan Idul Adha juga dilarang dan diharapkan agar diganti dengan cara online.

Di luar itu, peniadaan ibadah di rumah-rumah ibadah ini juga berlaku buat umat agama lain di Depok. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Baca Juga: MRT Jakarta hanya layani pekerja sektor esensial dan kritikal mulai hari ini

"Tempat ibadah (masjid, mushola, gereja, pura, wihara, kelenteng, serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), yang dikelola masyarakat, pemerintah, maupun swasta, tidak mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Darurat dan mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah," terang Idris.

Kasus Covid-19 di Kota Depok kini sudah 2,5 kali lipat dari puncak gelombang pertama pada Januari lalu, dengan total 12.801 pasien Covid-19 yang dilaporkan oleh pemerintah hingga data terbaru diumumkan kemarin.

Fasilitas kesehatan nyaris kolaps, dengan RS-RS di ambang penuh dan puskesmas mengalami kelebihan beban kerja. Sedikitnya belasan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri meninggal di kediamannya. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Depok Tiadakan Takbiran Keliling dan Shalat Idul Adha di Masjid"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru