Jabodetabek

Tambah 2 lokasi dan diperpanjang, ini 14 titik penyekatan di Jabodetabek

Senin, 17 Mei 2021 | 19:49 WIB Sumber: Kompas.com
Tambah 2 lokasi dan diperpanjang, ini 14 titik penyekatan di Jabodetabek

ILUSTRASI. Petugas gabungan memeriksa kendaraan yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta di KM 47 Tol Cikampek-Jakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/5/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polda Metro Jaya memperpanjang Operasi Ketupat untuk penanganan Covid-19 di masa libur Lebaran hingga 24 Mei 2021. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, total ada 14 titik penyekatan yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), yang sebelumnya 12 titik. 

"Operasi Ketupat itu dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 17 Mei. Tetapi, melihat situasional yang ada, perintah dari kapolda langsung anggota terus berlanjut sampai 24 Mei di 14 titik penyekatan," katanya, Senin (17/5). 

"Kemarin 12 titik ditambah 2 lagi, ada penambahan Terminal Tanjung Priuk dan Terminal Kampung Rambutan, jadi ada 14 titik penyekatan," ujar dia. 

Baca Juga: Satgas minta pemudik lakukan isolasi mandiri cegah penularan Covid-19

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Yusri menyebutkan, selalu ada peningkatan kasus Covid-19 pada masa arus mudik dan arus balik. 

Oleh sebab itu, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya serta pemerintah daerah melakukan berbagai upaya untuk mencegah potensi klaster baru dari arus balik. Salah satunya dengan melakukan penyekatan di 14 titik lokasi. 

"Untuk mengantisipasi terjadinya penularan juga kebocoran orang-orang yang tidak mau juga swab atau membawa surat keterangan tersebut, dilakukan penyekatan-penyekatan," ucap Yusri. 

Nantinya, pemudik yang tidak membawa keterangan bebas Covid-19 akan menjalani swab test antigen di titik penyekatan tersebut.

Berikut 14 titik penyekatan di Jabodetabek: 

Baca Juga: Larangan mudik berakhir, Menhub: Pemeriksaan dokumen kesehatan terus diperketat

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru