TBIG beri layanan kesehatan korban banjir Anyer

Rabu, 03 Agustus 2016 | 06:15 WIB   Reporter: Hendra Gunawan
TBIG beri layanan kesehatan korban banjir Anyer


SERANG. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) memberikan layanan kesehatan gratis bagi korban banjir di Anyer, Banten. Hal itu dilakukan dengan mengerahkan mobil kesehatan keliling (Monik) di wilayah yang terkena dampak banjir.

Zainal Arifin Regional Manager Jakarta dan Banten TBIG mengatakan setidaknya ada 2.209 unit rumah warga di Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Kota Cilegon yang terkena dampak banjir.

Akibat hujan lebat selama dua hari pada pekan lalu itu, selain menyebabkan banjir, juga mengakibatkan tanah longsor di dua titik di  wilayah Anyer.

Zainal menuturkan, setelah melakukan pemantauan dan kondisi masyarakat di area bencana, kondisi kesehatan masyarakat di area bencana perlu mendapatkan perhatian khusus.

“Untuk itu kami mengerahkan Mobil Kesehatan Keliling untuk memberikan pelayanan kesehatan pasca-bencana kepada masyarakat yang menjadi korban banjir,” kata Zainal melalui keterangan persnya, Selasa (2/8).

Mobilisasi Monik diperlukan agar bisa segera memberikan bantuan pelayanan kesehatan khususnya korban yang masih anak-anak, perempuan dan korban dari kalangan lanjut usia. Setiap unit Monik dilengkapi perlengkapan medis, termasuk perlengkapan medis yang dikhususkan bagi pemeriksaan kesehatan ibu hamil, balita, dan lansia.

Selain bantuan kesehatan yang bersifat umum, Monik juga dapat memberikan pelayanan USG bagi ibu hamil, penyuluhan perilaku hidup higienis dan sehat, edukasi pencegahan penyakit, pemberian obat dan makanan tambahan bagi balita.

Monik rencananhya akan difokuskan di Kampung Garung, Desa Sindangmandi, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang selama dua hari, yakni 2 dan 3 Agustus 2016.

Zainal mengatakan, mobil kesehatan keliling milik TBIG telah beroperasi sejak tahun 2012 dan melayani masyarakat di enam provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang, dan Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru