Terpapar Covid-19, Ketua IDI Kota Bekasi meninggal dunia

Rabu, 07 Juli 2021 | 13:43 WIB Sumber: Kompas.com
Terpapar Covid-19, Ketua IDI Kota Bekasi meninggal dunia


COVID-19 - BEKASI. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamarudin Askar, meninggal dunia pada Selasa (6/7/2021) pukul 07.46 WIB karena terpapar Covid - 19.

Kabar meninggalnya Kamarudin disampaikan Ketua Umum IDI, Daeng M Faqih. Kamaruddin terpapar Covid-19 dan dirawat di Rumah Sakit Primaya Bekasi Barat.

"Iya benar (meninggal dunia), kira-kira 10 hari yang lalu positif Covid-19. Karena ada gejala dirawat di rumah sakit," kata Daeng kepada Kompas.com, Rabu (7/6/2021).

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) dan Anggota IDI Kota Bekasi, Eko Nugraha mengatakan, Kamaruddin meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Ada layanan obat gratis bagi pasien Covid-19 dari Kemenkes via telemedicine

"Beliau meninggal pukul 07.43 WIB di Rumah Sakit Primaya Bekasi Barat," kata Eko seperti dilaporkan Warta Kota.

Eko mengatakan, hal yang membuat kondisi Kamarudin memburuk lantaran dia memiliki komorbid berupa gula darah (diabetes).

"Beliau itu punya gula darah yang tinggi, ini yang mungkin saja menjadi salah satu penyebab kenapa ketika beliau terpapar Covid-19, masuk rumah sakit itu menjadi memburuk, bisa jadi seperti itu, apakah kemudian faktor usia, saya tidak tahu juga," ujar Eko.

Eko mengenal sosok Kamarudin sebagai dokter panutan yang rajin bekerja, cepat dan sigap dalam menangani situasi apapun di dalam pemerintahan.

"Beliau ini sigap, cepat, dan meresponsnya itu juga ketika kita berkoordinasi cepat merespons, jadi sebagai ketua itu memang menjadi panutan," kata dia.

Ia merasa sangat kehilangan atas meninggalnya pria kelahiran Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, 60 tahun silam itu. Kamarudin merupakan orang perhatian, tegas dan baik kepada semua anggota IDI Kota Bekasi.

Baca Juga: Daftar 96 zona merah Covid-19 di Indonesia per 4 Juli, 68 di Pulau Jawa

"Sikap-sikap beliau itu menjadi panutan saya juga, bagaimana merespons itu juga sangat cepat, dan koordinasi juga lancar sekali dengan beliau, jadi kami di ARSSI sangat kehilangan Ketua IDI kota Bekasi seperti beliau," ujarnya.

Menurut unggahan dalam Instagram @idikotabekasi, jenazah mendiang dr. Kamaruddin Askar dimakamkan di Al-Azhar Memorial Garden Karawang. Kamarudin diketahui menjabat sebagai Ketua IDI Kota Bekasi dalam dua periode. (Djati Waluyo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua IDI Kota Bekasi Meninggal Dunia karena Covid-19"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru