kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga jembatan di Pulau Seram rusak, akses transportasi lumpuh total


Sabtu, 08 Juni 2019 / 20:00 WIB

Tiga jembatan di Pulau Seram rusak, akses transportasi lumpuh total

KONTAN.CO.ID - AMBON. Akses transportasi yang menghubungkan tiga kabupaten di Pulau Seram, Provinsi Maluku lumpuh total setelah tiga jembatan di wilayah tersebut rusak. Ambruknya jembatan di wilayah tersebut terjadi setelah cuaca buruk disertai hujan deras mengguyur wilayah Pulau Seram sejak beberapa hari puncaknya terjadi pada Kamis (6/6). 

Adapun dua jembatan yang rusak akibat disapu aliran sungai saat hujan deras yakni Jembatan Wai Kaputi di Desa Wasia Kecamatan Elpaputih dan Jembatan Wainiri di Desa Tala, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat yang jebol. 


Sedangkan satu jembatan lagi rusak parah dan tidak bisa dilalui kendaraan yakni Jembatan Waikaka yang berada di Kecamatan Taniwel. “Sampai saat ini akses trasnportasi masih lumpuh total,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Farida Salampessy kepada Kompas.com, Sabtu (8/6). 

Menurut Farida, saat ini pemerintah Provinsi Maluku bersama pemerintah daerah Seram Bagian Barat dan instansi terkait lainnya terus berkoordinasi guna mengatasi masalah tersebut. “Upaya tindak lanjut terus dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi saat ini, agar semua bisa kembali normal,” ujarnya. 

Kerusakan tiga jembatan itu menyebabkan akses transportasi tiga kabupaten yakni Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Maluku Tengah lumpuh total. Warga Maluku Tengah dan juga Seram Bagian Timur yang harus ke Ambon terpaksa menempuh jalur laut untuk saat ini. 

Kondisi yang sama juga dialami warga sejumlah desa di Kecamatan Taniwel, mereka saat ini terisolasi karena tidak dapat melewati Jembatan Kaputih yang rusak. “Katong seng (kita tidak) bisa kemana-mana karena jembatan rusak saat ini,” kata Frangky Elake salah seorang warga Taniwel saat dihubungi Kompas.com. 

Dia berharap pemerintah provinsi dan Kabupaten Seram Bagian Barat segera memperbaiki jembatan yang ambruk tersebut agar warga bisa kembali beraktivitas seperti biasa. “Iya harapannya begitu, jembatan harus segera diperbaiki,” katanya. 

Selain jembatan yang rusak, sejumlah ruas jalan juga ambles dan tak bisa dilewati kendaraan karena kondisinya yang sangat parah. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Seram Bagian Barat, Thomas Wattimena mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan balai jalan dan jembatan wilayah Maluku-Maluku Utara terkait musibah tersebut. 

Dia mengaku, setelah koordinasi tersebut, tim dari balai jalan dan jembatan nasional telah terjun ke lapangan dengan membawa sejumlah alat berat untuk aksi tanggap darurat dan normalisasi sungai di wilayah tersebut. “Tanggap darurat sudah dilakukan. Tadi siang tim sudah tiba di Desa Wasia untuk bantuan tanggap darurat,” ujarnya. (Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tiga Jembatan di Pulau Seram Rusak, Akses Transportasi Lumpuh Total


Sumber : Kompas.com
Editor: Wahyu Rahmawati

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.5268

Close [X]
×