Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Polbangtan Kementan Lakukan Ujian PKL

Rabu, 05 Januari 2022 | 09:31 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Polbangtan Kementan Lakukan Ujian PKL

ILUSTRASI. Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Polbangtan Kementan Lakukan Ujian PKL


AGRIBISNIS - YOGYAKARTA. Generasi milenial menjadi harapan bagi Kementerian Pertanian untuk mengembangkan sektor pertanian di Tanah Air. Oleh karena itu, kemampuan dan kompetensi lulusan Polbangtan terus ditingkatkan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menaruh harapan besar pada generasi milenial khususnya  lulusan pendidikan vokasi  dibawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan). 

Syahrul mengatakan, pendidikan vokasi harus menciptakan generasi milenial yang memiliki kompetensi dan mampu bekerjasama dengan orang lain.

Baca Juga: Rachmat Gobel Minta Industri Mamin Perkuat Nilai Tambah Petani hingga UMKM

"Memiliki sifat kritis baik pada dirinya, dengan lingkungan dan semua masalah yang dihadapi namun tetap sejalan dengan jiwa kebangsaan dan yang paling penting adalah berfikir kreatif untuk berinovasi dengan meningkatkan literasi tentang sektor pertanian, manajemen keuangan, orientasi pasar dan sarana prasarana melalui dunia digital,” ujar Mentan SYL dalam siaran pers Kementan, Rabu (5/1).

Pernyataan ini didukung oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. Menurutnya, mahasiswa Polbangtan sebagai representasi petani milenial diharapkan mampu meneruskan tongkat estafet pembangunan pertanian.

Sebagai bentuk upaya peningkatan kompetensi lulusan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang (YoMa) melakukan uji kompetensi bagi  para mahasiswa yang telah melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang tersebar di puluhan titik lokasi di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara. Seperti diketahui PKL merupakan salah satu proses yang harus dilalui mahasiswa vokasi pertanian sebelum lulus.

Baca Juga: Ini Kesiapan Pemerintah Antisipasi Lonjakan Lalu Lintas Libur Nataru

Editor: Noverius Laoli

Terbaru