Titik Rawan Kecelakaan Libur Nataru di Banyuwangi, Salah Satunya Jalur Ijen

Sabtu, 24 Desember 2022 | 04:05 WIB Sumber: Kompas.com
Titik Rawan Kecelakaan Libur Nataru di Banyuwangi, Salah Satunya Jalur Ijen


WISATA - BANYUWANGI. Arus lalu lintas di Banyuwangi, Jawa Timur, saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru diprediksi meningkat. Untuk itu, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi meminta kepada para pengguna jalan untuk mewaspadai jalur black spot atau titik rawan kecelakaan.

Kanit Gakkum Sat Lantas Polresta Banyuwangi Ipda Wahid Hasyim mengatakan, ada sejumlah titik rawan kecelakaan di Banyuwangi yang perlu diwaspadai saat libur Nataru. Di antaranya, jalan raya Desa Bangsring dan Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo dan ruas jalan sekitar Pelabuhan Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Kemudian, jalan raya Kecamatan Kabat, Rogojampi, Srono, Genteng, Glenmore dan Jalur Gumitir, Kecamatan Kalibaru. Selain di jalur itu, Hasyim juga meminta kepada pengendara untuk mewaspadai jalur yang menuju ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi.

Baca Juga: Menhub Minta Pemudik Waspada Cuaca Ekstrem di Akhir Tahun

Setidaknya, di jalur menuju ke tempat wisata tersebut para pengguna jalan harus melewati tiga titik lokasi rawan kecelakaan yang perlu diwaspadai. Tiga jalur rawan kecelakaan itu yakni Sengkan Mayit, Sengkan Erek-erek dan Sengkan Saleh atau yang biasa dijuluki Sengkan Gandrung.

Menurut Hasyim, jalur menuju Kawah Ijen memang berbahaya. Pengendara baik motor maupun mobil harus ekstra hati-hati.

"Butuh kehati-hatian dalam berkendara menuju dan dari wisata Kawah Ijen," kata Hasyim, Jumat (23/12).

Baca Juga: Pemerintah Imbau Masyarakat Liburan Akhir Tahun di Dalam Negeri, Ini Alasannya

Sejumlah langkah antisipatif telah dilakukan. Salah satunya melakukan patroli, memasang banner imbauan, serta memasang speed trap di jalur tersebut. Polisi juga mengimbau kepada para pengendara roda dua dan roda empat untuk tertib berlalu lintas dan tidak melanggar aturan.

"Sebelum bepergian pastikan kondisi fisik dan psikis dari pengemudi benar-benar sehat, tidak sedang dalam masalah sehingga bisa fokus di perjalanan," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Titik Rawan Kecelakaan Saat Libur Nataru di Banyuwangi, Salah Satunya Jalur Ijen.
Penulis: Kontributor Banyuwangi, Rizki Alfian Restiawan
Editor: Andi Hartik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru