Peristiwa

TNI AL gelar latihan di Laut Natuna Selatan, kerahkan 9 kapal dan 1 pesawat

Rabu, 25 November 2020 | 13:20 WIB Sumber: Kompas.com
TNI AL gelar latihan di Laut Natuna Selatan, kerahkan 9 kapal dan 1 pesawat

ILUSTRASI. TNI Angkatan Laut mengerahkan sembilan kapal perang dan satu pesawat udara, pada Rabu (25/11/2020), di Laut Natuna Selatan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam latihan Operasi Dukungan Tembakan Tahun 2020 di Laut Natuna Selatan, Kepulauan Riau, Komando Armada I (Koarmada I) TNI Angkatan Laut mengerahkan sembilan kapal perang dan satu pesawat udara, pada Rabu (25/11/2020).

Panglima Koarmada I TNI AL, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid mengatakan, latihan ini digelar untuk mengukur kemampuan operasional Koarmada I sekaligus upaya mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

"Latihan ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kemampuan personel, unsur-unsur KRI Koarmada I, serta mensinergikan dengan unsur terkait sebagai unsur pendukung dalam setiap melaksanakan kegiatan operasi," ujar Rasyid dalam keterangan tertulis, Rabu (25/11/2020).

Adapun sembilan kapal perang yang dikerahkan meliputi, KRI Bung Tomo -357, KRI John Lie-358, KRI Sutedi Senoputra-378, KRI Tjiptadi-381, KRI Barakauda-633, KRI Kujang-642, KRI Surik-645, KRI Parang-647, dan KRI Bubara-868. Sedangkan satu pesawat udara yakni Pesud CN-235 P-8303 yang dalam latihannya melakukan manuver lapangan. Rasyid menambahkan, latihan ini bersifat interoperabilti antar-satuan. Sehingga, dibutuhkan kerja sama taktis unsur latihan yang meliputi komando, pengendalian dan komunikasi.

Baca Juga: Letupan konflik terjadi di sejumlah negara, RI harus waspada Perang Dunia III

Menurut dia, pelaksanaan latihan ini mengutamakan prosedur secara cermat dan benar guna terwujudnya zero accident. Selain itu, latihan ini juga sebagai upaya menjalankan TNI AL menangkal dan menindak setiap bentuk ancaman militer serta ancaman bersenjata di pertahanan laut.

"Gelar Operasi Militer Perang (OMP) Koarmada sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan," Kata Pangkoarmada I.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Latihan di Laut Natuna Selatan, TNI AL Kerahkan 9 Kapal Perang dan 1 Pesawat"
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Bayu Galih

 

Selanjutnya: Ada rumor AS akan serang Laut China Selatan dengan drone, ini jawaban Pentagon

 

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru