Transjakarta diharapkan juga layani Pulau Seribu

Jumat, 27 Januari 2017 | 17:36 WIB Sumber: Kompas.com
Transjakarta diharapkan juga layani Pulau Seribu


JAKARTA. Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menginginkan layanan Transjakarta tidak hanya sampai bandara saja melainkan juga sampai Kepulauan Seribu. Sumarsono ingin Transjakarta memiliki kapal-kapal untuk melayani mobilitas warga pulau.

"Jadi tidak hanya bus, kapal juga nanti bernama Transjakarta," ujar Sumarsono, Jumat (27/1).

Sumarsono menilai hal ini juga diinginkan oleh Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dia yakin Basuki ingin Transjakarta bisa menguasai semua trayek.

"Seluruh trayek dikuasai Transjakarta, bahkan sampai ke Kepulauan Seribu," ujar Sumarsono.

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta sudah memasukkan program penambahan rute ke bandara dalam rencana kerja 2017 mereka. Bus-bus Transjakarta nantinya bisa menjadi alternatif untuk ke Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Kami sekarang akan menjajaki dulu standar pelayanan di bandara itu seperti apa. Kalau dari standar pelayanan dari Kemenhub, seharusnya sama. Nah tinggal Angkasa Pura sebagai pengelola bandara punya tambahan apa lagi," ujar Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph. 

PT Transjakarta harus memenuhi kualifikasi dari standar pelayanan itu terlebih dahulu. Setelah itu, kata Joseph, PT Transjakarta juga harus mempelajari target pasar di bandara. Sebab, saat ini bukan hanya bus Damri saja yang sudah masuk ke bandara.

(Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru