UPDATE Gunung Merapi: Terjadi letusan freatik 4 menit berketinggian 2.000 meter

Rabu, 23 Mei 2018 | 06:47 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
UPDATE Gunung Merapi: Terjadi letusan freatik 4 menit berketinggian 2.000 meter

ILUSTRASI. Peningkatan status gunung merapi menjadi waspada


ERUPSI GUNUNG - MAGELANG. Terjadi letusan freatik durasi 4 menit ketinggian 2000 meter (teramati dari PGM. Jrakah dan PGM. Kaliurang) arah barat daya. Visual dari kamera thermal dan CCTV kawah merapi saat letusan tertutup kabut tebal. Cuaca saat ini dari Sta.Pasar Bubar Merapi angin bertiup sedang hingga kencang ke baratdaya (Kabupaten Magelang). Status Merapi: Waspada.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan tertulis, memerinci daftar lokasi yang terkena sebaran di wilayah Kabupaten Magelang antara lain: Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun, Kota Mungkid, Muntilan, Sawangan, Pabelan, Tempuran, Candimulyo, Ketep, Blabak, Kalinegoro, dan Salaman.

BNPB mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang, selalu waspada dalam beraktivitas. Namun demikian sebaiknya masyarakat  menggunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas diluar ruangan.

Masyarakat juga diimbau memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya, yaitu BPPTKG, BMKG, BNPB, dan BPBD. Masyarakat diminta tidak mempercayai dan tidak ikut menyebarluaskan berita hoaks yang dapat meresahkan.

Khusus bagi para calon pendaki Gunung Merapi, berdasarkan informasi Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), untuk sementara seluruh kegiatan pendakian ditutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru