Usai dilantik, Gubernur NTB langsung koordinasi untuk rehabilitasi gempa Lombok

Rabu, 19 September 2018 | 14:30 WIB   Reporter: Sinar Putri S.Utami
Usai dilantik, Gubernur NTB langsung koordinasi untuk rehabilitasi gempa Lombok

ILUSTRASI. Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik pascagempa Lombok


GEMPA - JAKARTA. Usai dilantik Presiden Joko Widodo, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkifliemansyah segera melakukan koordinasi terkait rehabilitasi dan rekonstruksi rumah setelah gempa Lombok.

"Kami akan melakukan koordinasi, walaupun sebenarnya kami sudah terlibat secara informal," ujar dia di Istana Negara, Rabu (19/9). Koordinasi itu dilakukan kepada kepala daerah yang daerahnya terkena gempa seperti Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur dan juga Pulau Sumbawa.

Sehingga dia berharap, dengan koordinasi, yang lebih baik maka rehabilitasi dan rekonstruksi bisa dilakukan dengan cepat. Tak hanya itu, ia juga akan mengecek lebih lanjut mengapa bantuan dana rehabilitasi ini belum bisa dicairkan.

Padahal, dari pemerintah pusat dana tersebut sudah diturunkan. "Kami besok Insya Allah saya akan mengecek. Mudah-mudahan pencairan dana ini akuntabilitansnya dijaga. Karena jangan sampai prosesnya cepat tapi jadi masalah," tutup dia.

Adapun sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberi pesan kepada Zulkifliemansyah dan Sitti Rohmi Djalilah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk segera bekerja dalam rehabilitasi dan rekonstruksi rumah pasca gempa Lombok.

"Saya sampaikan ke Pak Gubernur dan BU Wagub untuk langsung bekerja," ungkap Presiden. Bahkan soal itu, dirinya akan selalu mengikuti setiap proses yang ada baik itu untuk fasilitas umum, sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan rumah-rumah yang rusak berat sedang dan rusak ringan.

Sekadar tahu saja, Presiden telah resmi melantik Zulkifliemansyah dan Sitti Rohmi Djalilah sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2018-2023 pagi ini, Rabu (19/9).

Pelantikan itu digelar di Istana Negara pada pukul 10.00 WIB. Pelantikan ini juga ditandai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No.155/P tahun 2018 tentang pengesahan dan pengangkatan gubernur NTB masa jabatan 2018-2023.

Sebelum dilantik di Istana Negara pasangan kelapa daerah ini terlebih dahulu mengikuti acara kirab dari Istana Merdeka. Sekadar tahu saja, Sitti sendiri merupakan kakak kandung dari gubernur NTB sebelumnya, Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru