Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 akan dilakukan ke semua pasar di Jabodetabek, ini kata Menkes

Rabu, 17 Februari 2021 | 11:26 WIB Sumber: Kompas.com
Vaksinasi Covid-19 akan dilakukan ke semua pasar di Jabodetabek, ini kata Menkes

ILUSTRASI. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap kepada seluruh pedagang di ratusan pasar di Jabodetabek. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah vaksinasi Covid-19 dilaksanakan pada pedagang pasar di Tanah Abang, selanjutnya vaksinasi akan dilakukan secara bertahap kepada seluruh pedagang di ratusan pasar di Jabodetabek. Vaksinasi model seperti ini diharapkan menjadi contoh bagi provinsi lain. 

"Alhamdulillah setelah melihat ini (vaksinasi tanah abang) kita akan masuk ke semua pasar Jakarta secara bertahap. Kalau tidak salah di Jabodetabek ada 115 ya, pasar di sana. Nah ini juga akan menjadi model di provinsi-provinsi lain,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang ditayangkan kanal YouTube Kemenkes, Rabu (17/2/2021). 

Budi mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Tanah Abang akan dibuka selama 5 hari ke depan. Menurut Budi, dari data yang diterimanya, ada 9.700 pedagang pasar Tanah Abang yang terdaftar menerima vaksin. Jumlah tersebut akan terus bertambah. 

"Data 55.000 data awal, kita enggak tahu berapa banyak sebenarnya yang ada, tapi kita terbuka kok kalau pedagang itu terdaftar di sini benar benar beroperasi di sini, silakan daftar," ujarnya. 

Baca Juga: Vaksinasi tahap kedua bagi petugas pelayanan publik siap dilaksanakan

Untuk diketahui, Vaksinasi tahap kedua ini perdana diikuti pedagang pasar di Tanah Abang di blok A, B, F dan G. 

Vaksinasi Covid-19 pada hari ini akan menyasar kurang lebih 1.500 orang pedagang pasar Tanah Abang. Para pedagang ini sebelumnya telah teregistrasi di data Sensus Pasar Jaya. 

Baca Juga: Kemenkes: Jangan panik, pemeriksaan rapid antigen bisa tingkatkan angka kasus corona

Adapun pelaksanaan Vaksinasi dipusatkan di dua titik yaitu di lantai 8 dan lantai 12 blok A, Pasar Tanah Abang. 

Lebih lanjut, setelah para peserta melakukan penyuntikan vaksin Covid-19, tidak diperbolehkan langsung pulang dikarenakan perlu dilakukan observasi usai dilakukannya penyuntikan vaksin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes: Vaksinasi Covid-19 Akan Dilakukan Bertahap ke Semua Pasar di Jabodetabek"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Diamanty Meiliana

 

Selanjutnya: Anies dampingi Jokowi tinjau vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru