Jabodetabek

Virus corona jenis baru ada di Tangsel dan Kabupaten Tangerang

Rabu, 05 Mei 2021 | 22:50 WIB Sumber: Kompas.com
Virus corona jenis baru ada di Tangsel dan Kabupaten Tangerang

ILUSTRASI. Dinkes Provinsi Banten mengonfirmasi ada tiga warga Banten terpapar virus B.1.6.1.7 strain dari India dan B.1.1.7 strain Inggris.


KONTAN.CO.ID - SERANG. Dinas Kesehatan Provinsi Banten mengonfirmasi bahwa ada tiga warga Banten terpapar virus B.1.6.1.7 strain dari India dan B.1.1.7 strain Inggris.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan, satu kasus di Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, diketahui terpapar B.1.1.7 strain UK. Sementara dua kasus B.1.6.1.7 strain India terkonfirmasi di Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

"Ada tiga pasien yang positif varian baru. Satu kasus di Kabupaten Tangerang dan dua kasus di Tangsel," kata Ati kepada wartawan, Rabu (5/5). Menurut Ati, dua pasien asal Tangsel terpapar dari anaknya yang tinggal di Jakarta.

Sementara pasien asal Kabupaten Tangerang terpapar virus corona jenis baru sepulang dari Arab Saudi. Saat ini, dua pasien yang terpapar B.1.6.1.7 strain India sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Hermina, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Tes PCR tak dapat mendeteksi varian virus corona mutan, banyak gejala baru

"Sedangkan kasus di Kabupaten Tangerang menjalani isolasi khusus, dengan dipantau pihak Puskesmas karena bergejala ringan," ujar Ati.

Mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 varian baru, Satgas Covid-19 sudah mengambil sampel kepada rekan dan keluarga yang mempunyai kontak erat dengan pasien. "Tindakan sudah dilakukan follow tracing pada kontak erat untuk dua strain tersebut," kata Ati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Virus Corona Jenis Baru Ada di Tangsel dan Kabupaten Tangerang.
Penulis: Kontributor Serang, Rasyid Ridho
Editor: Abba Gabrillin

Baca Juga: Varian corona B.1.617 di India membawa beberapa mutasi, ini bahayanya

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru