Peristiwa

Wakil Bupati Kotawaringin Barat positif terinfeksi virus corona (Covid-19)

Rabu, 22 Juli 2020 | 22:09 WIB Sumber: Kompas.com
Wakil Bupati Kotawaringin Barat positif terinfeksi virus corona (Covid-19)

ILUSTRASI. Corona. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

KONTAN.CO.ID - PANGKALAN BUN. Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 pada, Rabu (22/7/2020). Informasi ini disampaikan langsung oleh Ahmadi melalui sebuah rekaman video berdurasi 3 menit 17 detik yang dikirimkannya ke awak media.  

"Malam ini saya baru saja mendapat informasi hasil pemeriksaan PCR sampel swab yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2020. Berdasarkan hasil sampel saya yang diambil kemarin kini terkonfirmasi Covid-19," ujar Ahmadi.  

Dia menyatakan kondisinya sehat dan langsung menjalani isolasi mandiri. Tindakan isolasi mandiri yang dilakukannya sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). "Dimungkinkan bagi terkonfirmasi tanpa gejala untuk melakukan isolasi mandiri di rumah," ucap Ahmadi dalam video yang diterima Kompas.com Rabu sekitar 21.00 WIB.  

Baca Juga: Anies: Fatality rate akibat Covid-19 di ibu kota tidak mengalami peningkatan

Dia mengingatkan, virus yang pertama kali ditemui di Wuhan, China, ini bisa menulari siapa saja tanpa pandang bulu. Karena itu, Ahmadi mengingatkan warga selalu menaati protokol kesehatan guna memutus rantai penularan Covid-19.  

Di akhir video, Ahmadi mengharap warga Kotawaringin Barat tidak panik dan terus menjaga kesehatan diri dengan menjaga pola hidup sehat. Ahmadi juga menekankan pentingnya keterbukaan informasi dalam upaya penanganan Covid-19.  

Baca Juga: Jumlah pasien sembuh corona di Jatim tembus 10.000 orang dan sisakan tiga zona merah

Keterbukaan informasi akan mempermudah tugas pemerintah dalam melaksanakan langkah-langkah penanganan virus mematikan ini. "Kunci penanganan covid saat ini adalah informasi. Supaya upaya pencegahan tidak hanya top-bottom, tapi berasal dari kesadaran semua lapisan masyarakat," tambahnya saat dimintai konfirmasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wakil Bupati Kotawaringin Barat Positif Covid-19"

Editor: Handoyo .


Terbaru