Wamen BUMN: Sirkuit Mandalika bisa dorong pengembangan pariwisata Lombok

Kamis, 07 Oktober 2021 | 19:13 WIB   Reporter: Vina Elvira
Wamen BUMN: Sirkuit Mandalika bisa dorong pengembangan pariwisata Lombok

ILUSTRASI. Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kedua kiri) bersama Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kiri), Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer (kanan) dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah (kedua kanan). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Sirkuit Mandalika kini telah secara resmi berganti nama menjadi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Keberadaan sirkuit berskala internasional yang berlokasi di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, diharapkan dapat turut mendorong pengembangan pariwisata di kawasan NTB dan sekitarnya. 

"Jadi Indonesia akan memiliki sirkuit balap motor yang memang betul-betul standar MotoGP, yaitu Sirkuit Mandalika di Lombok, dan ini yang diharapkan bisa mendorong perkembangan daripada pariwisata, khususnya di kawasan Lombok dan NTB," ungkap Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury, dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10).

Lebih lanjut dia mengatakan, BUMN memastikan bahwa Sirkuit Mandalika ini tidak hanya akan menjadi project based saja. Melainkan proyek yang berkelanjutan untuk ke depannya. Pihaknya ingin Sirkuit Mandalika ini dapat terus menjadi lokasi ajang balap motor internasional tidak hanya untuk saat ini, melainkan hingga tahun-tahun yang akan datang.

"Betul-betul berharap dengan dibangunnya sirkuit ini menjadi satu siklus tahunan yang bisa diikuti berbagai kegiatan lainnya. Sehingga ini akan menyedot animo masyarakat," sambungnya.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika dibangun di tengah-tengah kawasan pariwisata Lombok, mulai dari pantai, gunung, hingga berbagai kekayaan budaya di sana. Terlebih, kawasan Lombok juga merupakan satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. 

Dengan demikian, keberadaan Sirkuit Mandalika dan juga berbagai ajang balap motor yang akan dilaksanakan ke depan merupakan salah satu inisiatif pemerintah untuk mengembangkan dan menghidupkan kembali industri pariwisata Indonesia yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19. 

Sebagai contoh, ajang balap motor internasional seperti MotoGP memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Menurut Pahala, penonton MotoGP ini bisa mencapai 400 juta orang dalam sekali pelaksanaan. Sementara dalam satu musim, bisa disaksikan oleh lebih dari 5 miliar penonton. Sehingga, hal dapat membawa kembali nama Indonesia menjadi salah satu penyelenggara event pariwisata bertaraf global. 

"Untuk bisa membangun industri pariwisata sebagai salah satu event dan sektor ekonomi yg strategis," paparnya. 

Sedikit informasi, pada bulan November nanti, Sirkuit Mandalika akan digunakan sebagai lokasi penyelenggarakan World Superbike (WSBK) 2021, tepatnya pada 19 November - 21 November 2021 mendatang. Saat ini PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah mengebut perampungan fasilitas-fasilitas pendukung di Sirkuit Mandalika, sehingga akan benar-benar siap digunakan sebagai lokasi WSBK 2021.  

Selanjutnya: Pembangunan rampung, Sirkuit Mandalika Lombok siap gelar World Superbike dan MotoGP

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru