kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45688,11   9,81   1.45%
  • EMAS918.000 0,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Waspada hujan ekstrim di wiayah Jabodetabek dalam beberapa hari ke depan


Minggu, 23 Februari 2020 / 22:08 WIB
Waspada hujan ekstrim di wiayah Jabodetabek dalam beberapa hari ke depan
ILUSTRASI. BNPB mengimbau masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk meningkatkan kewaspadaan. Warta Kota/henry lopulalan

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BNPB mengimbau masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi hujan ekstrem selama beberapa jam ke depan. 

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca Jabodetabek pada 23 Februari 2020, pukul 20.45. Peringatan dini tersebut berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai kilat atau petir pada malam ini (23/2) pukul 21.15 WIB. Kondisi tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga 00.15 WIB. 

Baca Juga: Korban meninggal saat susur sungai SMPN 1 Turi Sleman bertambah jadi 7, ini daftarnya

BMKG memonitor wilayah-wilayah yang berpotensi terdampak hujan sebagai berikut, Jakarta Timur (Cakung, Jatinegara, Matraman, Pulogadung), Jakarta Pusat (Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang), Jakarta Barat (Grogol Petamburan, Palmerah, Tamansari, Tambora), Jakarta Utara (Pademangan, Penjaringan, Tanjungpriok), Jakarta Selatan (Tebet,  dan sekitarnya), Kabupaten Bogor (Cigudeg, Jasinga, Leuwisadeng, Nanggung, Sukajaya), Kota Tangerang (Jati Uwung, Karawaci, Periuk), Kabupaten Tangerang (Pasar Kemis, Rajeg, Sindangjaya),  

BMKG memprakirakan hujan dapat meluas ke wilayah-wilayah sebagai berikut, Kabupaten Tangerang (Balaraja, Cikupa, Cisoka, Curug, Gunungkaler, Jayanti, Kemiri, Kresek, Kronjo, Mauk, Mekarbaru, Sepatan, Sepatan Timur, Solear, Sukadiri, Sukamulya), Kota Tangerang (Batuceper, Cibodas, Cipondoh, Pinang, Tangerang), Kota Bekasi (Bekasi Barat, Medan Satria, Pondok Gede), Kabupaten Bekasi (Tarumajaya,  dan sekitarnya), Jakarta Barat (Cengkareng, Kebon Jeruk, Kembangan), Jakarta Utara (Cilincing, Kelapa Gading, Koja), Jakarta Timur (Duren Sawit, Kramatjati, Makasar), Jakarta Selatan (Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pancoran, Setia Budi), Kabupaten Bogor (Leuwiliang, Pamijahan, Parungpanjang, Rumpin, Tenjo).

Baca Juga: Calon ibu kota Penajam Paser Utara kebanjiran, 379 jiwa terdampak

Untuk mengetahui informasi cuaca, masyarakat dapat mengakses informasi dari institusi resmi yaitu BMKG, maupun informasi kesiapsiagaan dari BNPB dan BPBD, seperti InaRISK. Warga juga dapat berpartisipasi untuk melaporkan kejadian banjir maupun bencana alam lain melalui sosial media yang akan memperkaya informasi Petabencana.id. 

Di samping itu, warga juga perlu untuk memperhatikan pengumuman dan pengarahan dari aparatur di tingkat RT, RW dan kelurahan. 




TERBARU

Close [X]
×