100 Bus listrik transjakarta bakal beroperasi di DKI mulai tahun depan

Kamis, 25 November 2021 | 07:29 WIB Sumber: Kompas.com
100 Bus listrik transjakarta bakal beroperasi di DKI mulai tahun depan

ILUSTRASI. bus listrik transjakarta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 100 unit bus listrik transjakarta direncanakan akan beroperasi di DKI Jakarta pada 2022.

Hal itu diungkapkan Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung Bangkit Prakoso saat pelatihan uji kir di Pool Bus Mayasari Bakti, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (24/11).

"Nantinya tahun depan mungkin sudah datang 100 unit bus transjakarta untuk beroperasi di Jakarta," kata Bangkit kepada wartawan.

Sebanyak 40 tenaga penguji kendaraan mengikuti pelatihan uji kir bus listrik pada Rabu (24/11). "Saya berharap penguji-penguji ini akan mendapat ilmu bagaimana cara menguji mobil (bus) listrik," ujar Bangkit.

Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebenarnya menargetkan 100 bus listrik transjakarta dapat beroperasi pada tahun ini.

Baca Juga: Anies Baswedan sebut Jakarta siap untuk bisnis dan investasi yang lebih besar

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya elektrifikasi transportasi dan kendaraan secara umum di Jakarta.

"DKI Jakarta sendiri, kami berencana tahun ini mulai dengan 100 unit trasjakarta yang menggunakan tenaga listrik," kata Anies dalam video yang ditayangkan dalam sebuah diskusi virtual pada 17 Maret 2021.

Anies mengatakan, salah satu persoalan DKI Jakarta saat ini adalah polusi udara yang diakibatkan asap kendaraan di Ibu Kota.

Anies menilai, bus listrik merupakan solusi yang tepat untuk membebaskan Jakarta dari emisi berbahaya akibat polusi bahan bakar fosil.

“Transportasi listrik menjadi salah satu solusi yang layak untuk dibahas, dipertimbangkan, dan kita semua sedang menuju kepada model transportasi bebas emisi, salah satunya berbasis listrik,” pungkas Anies saat itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tahun Depan, 100 Unit Bus Listrik Transjakarta Akan Beroperasi di Jakarta".
Penulis : Nirmala Maulana Achmad
Editor : Nursita Sari

Selanjutnya: Pertamina NRE meracik roadmap untuk mengejar target kapasitas terpasang energi bersih

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru