CLOSE [X]

3.000 Sertifikat Tanah di Jateng Diserahkan, Jokowi Targetkan Tahun Depan Selesai

Rabu, 24 Januari 2024 | 06:30 WIB   Reporter: Ratih Waseso
3.000 Sertifikat Tanah di Jateng Diserahkan, Jokowi Targetkan Tahun Depan Selesai

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menyerahkan Setipikat Tanah dan Surat Keputusan Perhutanan Sosial dan Surat Keputusan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Desa Gabusan, Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat 10 Maret 2023.


SERTIFIKAT TANAH - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 3.000 sertifikat tanah untuk rakyat pada Selasa, 23 Januari 2024 di Stadion Krida Bhakti, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. 

Saat ini pemerintah telah menyelesaikan 110 juta sertifikat dari total 126 juta sertifikat tanah di seluruh Tanah Air.

"Tinggal sedikit sekali hitungan saya kemarin kalau nggak ada Covid, Covid kan 2 tahun, kalau nggak ada Covid itu selesai 126 juta. Tapi enten Covid nggih mundur sedikit tahun depan pun rampung, pemerintah baru nanti yang menyelesaikan, tahun depan selesai," kata Jokowi, Selasa (23/1).

Baca Juga: Jokowi: Petani Memiliki Peran Sentral Bagi Indonesia dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan

Menurutnya, sertifikat tanah merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimiliki masyarakat. Di mana adanya sertifikat tanah dapat mencegah terjadinya sengketa tanah dan konflik lahan.

"Sehingga nggak ada lagi yang namanya sengketa-sengketa. Kalau sudah pegang ini, di sini ada nama pemegang hak, luas tanah, alamat di sini semuanya komplet. Kalau ada orang datang (mengaku) 'ini tanah saya', 'bukan, tanah saya, sertifikatnya ada ini.' Sudah diam," tuturnya.

Selanjutnya, Jokowi mengingatkan untuk tetap berhati-hati apabila ingin menggunakan sertifikat tersebut untuk agunan pinjaman di bank sebagai modal usaha. Ia menyebut bahwa perhitungan dan kalkulasi harus dilakukan secara detail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru