IKN Nusantara

560 Unit Hunian ASN di IKN Siap Digunakan

Minggu, 15 September 2024 | 04:52 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
560 Unit Hunian ASN di IKN Siap Digunakan

ILUSTRASI. MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, 560 unit hunian telah siap digunakan untuk mendukung kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengumumkan bahwa sebanyak 560 unit hunian telah siap digunakan untuk mendukung kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Pernyataan ini disampaikan setelah meninjau langsung salah satu tower hunian di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (13/9/2024).

Mengutip Infopublik.id, saat ini sudah ada 560 unit hunian yang siap pakai. 

"Presiden berharap hunian ini terintegrasi dengan sistem digital dan memiliki kualitas yang baik untuk ASN,” ujar Anas usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, bersama Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin dan para menteri serta kepala lembaga dari Kabinet Indonesia Maju.

Anas menambahkan bahwa hunian yang disediakan sangat nyaman dan dirancang untuk mendukung kinerja ASN. 

“Hunian ini tidak hanya nyaman, tapi juga dirancang untuk satu keluarga per unit, tanpa perlu sharing. Ini adalah keputusan Presiden untuk memastikan kenyamanan ASN,” jelas Anas.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 493 Bidang Lahan di IKN buat Investor

Setiap unit hunian dilengkapi dengan 1 kamar mandi dan 3 kamar tidur, termasuk 1 kamar utama yang memiliki kamar mandi sendiri. Selain itu, terdapat ruang tamu, ruang makan, dapur, dan ruang cuci piring. Hunian ini juga menerapkan smart home system, sehingga ASN dapat masuk ke kamar hanya dengan memindai barcode.

Menurut informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan ada total 47 tower hunian yang dibangun, dengan sekitar 2.820 unit hunian. 

Pada tahap awal, 29 tower atau sekitar 1.740 unit hunian akan diperuntukkan bagi Pegawai ASN, sementara sisa tower akan ditempati oleh prajurit TNI dan anggota Polri.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas juga menyatakan bahwa hunian yang nyaman dan lokasi yang dekat dengan sumbu kebangsaan IKN akan memberikan kemudahan bagi ASN untuk berolahraga atau berjalan kaki menuju pusat perkantoran.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pembangunan Nusantara Mall di IKN

“Hunian ini tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga mendukung gaya hidup sehat ASN dengan kemudahan akses ke pusat perkantoran,” tambah Anas.

Selanjutnya: OJK Jatuhkan Sanksi ke Asuransi Jiwasraya dan Berdikari Insurance, Ini Alasannya

Menarik Dibaca: Ide Quotes Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 yang Menyentuh dan Bermakna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru