IKN Nusantara

Jokowi Resmikan Pembangunan Nusantara Mall di IKN

Jumat, 13 September 2024 | 15:47 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Jokowi Resmikan Pembangunan Nusantara Mall di IKN

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo lakukan groundbreaking pembangunan Nusantara Mall Duty Free di IKN


PEMBANGUNAN IKN - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan Nusantara Mall Duty Free di IKN. Ini menjadi salah satu fasilitas umum di IKN.

Menurut Jokowi, jika mall, rumah sakit, sekolah, dan infrastruktur jalan telah selesai akan memunculkan keramaian di IKN. Pemerintah juga akan mendorong sebanyak-banyaknya ASN untuk pindah ke IKN. Karena memang keramaian yang dibutuhkan IKN.

"Saya sekali lagi menghargai investasi yang telah dilakukan konsorsium semoga konsorsium mendapatkan untung, tapi IKN juga mendapatkan untung dua-duanya dapat keuntungan sehingga bisa berjalan bersama-sama," kata Jokowi, Jumat (13/9).

Selain itu, Jokowi mengapresiasi pembangunan Swissotel Nusantara yang dikerjakan dalam waktu 9 bulan. Ia mengingat saat konsorsium yang dikomandani Aguan menyampaikan kepada dirinya bahwa pembangunan hotel akan selesai Agustus 2024.

Baca Juga: Pendaratan Perdana Pesawat Jet Berpenumpang di Bandara IKN Berlangsung Mulus

Jokowi sebelumnya mengaku ragu pembangunan hotel selesai pada waktu tersebut.

"Sudah terbukti 9 bulan sudah bisa menyelesaikan hotel bintang lima, 191 kamar. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi Indonesia bisa mengerjakannya," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menyebut, investasi yang masuk ke IKN telah mencapai Rp 56,2 triliun dari 55 groundbreaking. 

Investasi tersebut berasal dari 6 proyek sektor pendidikan, 3 proyek sektor kesehatan, 10 proyek sektor ritel dan logistik, 8 proyek sektor hotel, 2 proyek sektor energi dan transportasi, 14 proyek sektor kantor dan perbankan, 9 proyek hunian dan arehijau, serta 3 proyek sektor media dan teknologi. 

Selanjutnya: Profit 19,38% Setahun, Harga Emas Hari Ini Meroket (13 September 2024)

Menarik Dibaca: 25 Kata Bijak Maulid Nabi Muhammad SAW yang Sesuai dengan Teladan Hidup Rasulullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru